Soal Jaling Sindang Palay Pengusaha Bantah Tak Sesuai Spek

Sumsel, Korsum
     Pembangunan Jalan Lingkungan (jaling) di Sindang Palay Rw 03 Kelurahan Pasanggrahan Baru Kecamatan Sumedang Selatan yang diberitakan di media online ini, beberapa waktu lalu, menurut sumber pembangunannya diduga tidak sesuai Spek.
Hal itu dibantah keras oleh Jajang dari CV. Trio Mustika. Bahkan Jajang justru mempertanyakan, dalam hal mana yang tidak sesuai dengan Spek tersebut.
"Kekurangan dari campuran material, yang mana yang kurangnya?, hingga dikatakan bahwa pekerjaan tidak tahan lama, kata siapa?," ungkap Jajang sebagai pelaksana dari CV. Trio Mustika, ketika dikonfirmasi Korsum, Kamis (8/6), melalui telepon genggamnya.
     Lebih jauh Jajang menjelaskan, pekerjaan peningkatan jalan lingkungan di Sindang Palay ini sudah sangat baik, bahkan sudah lebih dari volume yang tercantum dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB).
     "Kami sebagai pengusaha, jelas sangat menghargai sekali terhadap lingkungan atau warga yang daerahnya akan dibangun, ketika kami datang, kami bersilatuhrahmi, ijin kepada aparat setempat dan tentunya warga, lalu ada kesepakatan bahwa pekerjaan akan dilaksanakan oleh warga sebagai tukang dan kernetnya," jelas Jajang.
     Atas kesepakatan tersebut, kata Jajang, pihaknya sangat merespon, dengan asumsi, kalau dikerjakan oleh warga sekitar atau putra daerah sebagai pekerja kasarnya tentu pekerjaannya akan lebih baik dan lebih bertanggungjawab, karena jalan tersebut tentunya wargalah sebagai penerima manfaatnya bukan pengusaha.
     "Kalau mau jujur jujuran, pekerjaan jaling ini sebenarnya sudah melebihi volume yang tertera di RAB, pasirnya saja habis kan 12 dum truk berikut split, ya apalagi dengan semen sebagai pokoknya hingga ratusan sak kami habiskan, ketebalan jalannya pun lebih dari yang seharusnya tercantum di RAB, dari dasar tersebut jelas bisa lolos dari PHO, yang menentukan baik tidaknya hasil pekerjaan adalah pengawas, bukan pihak yang lain," ujarnya.
     Dikatakan Jajang, pekerjaan ini baru selesai beberapa minggu ini, kenapa mesti jadi menghakimi begini bahwa dikatakan tidak sesuai Spek?, kan masih ada masa pemeliharaan selama enam bulan kedepan.
     "Kami sebagai pengusaha tidak mau bermain~main dalam hal pekerjaan apalagi sampai mengurangi volume, kami benar benar ingin mengerjakan segala sesuatu itu dengan sungguh sungguh apalagi ini menggunakan anggaran pemerintah," ungkapnya.
     Dikonfirmasi Korsum, Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman pada Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Sumedang, Tri Paramasatia, mengatakan, pekerjaan Peningkatan Jalan Lingkungan Sindang Palay ini sudah sesuai dengan aturan dan sesuai dengan RAB nya yang dikerjakan oleh rekanan CV. Trio Mustika.
     "Pekerjaan peningkatan jaling di Sindang Palay ini oleh rekanan CV.Trio Mustika sesuai laporan dan hasil survei serta hasil dari PHO bahwa pekerjaannya saya katakan baik, bahkan pekerjaannya melebihi volume yang sudah ditentukan didalam RAB," jelas Tri, saat dikonfirmasi Korsum, Kamis (8/6), di ruang kerjanya.
     Adapun ada perbedaan pendapat, kata Tri, itu wajar wajar saja, karena intinya pekerjaan Jaling ini sudah bisa dipertanggungjawabkan, baik dari hasil pekerjaan maupun administrasinya.**[Dady]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar