Calon Tenaga Kerja Harus Miliki Good Mindset

Kota, Korsum
Sebagai implementasi dari program pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja di Kabupaten Sumedang, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang melalui UPT Balai Pelatihan Kerja memberikan pelatihan Pembinaan Kemampuan dan Keterampilan Kerja Masyarakat di Lingkungan Industri Tembakau Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), Rabu (12/7).
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dikdik Sadikin menyebutkan, tujuan pelatihan tenaga kerja ini agar dapat menghasilkan calon tenaga kerja potensial yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan dunia usaha, serta mampu membangun dirinya sendiri dan memiliki jiwa berwirausaha.
“Saya harapkan pelatihan ini bisa mengurangi angka pengangguran dan bahkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang baru,” ujarnya.
Dipaparkan Dikdik, jadwal latihan kerja meliputi standar latihan kerja 240 Jam Pelajaran (JP) yang dibagi kepada kelompok unit kompetensi sebanyak 200 JP dan kelompok non unit kompetensi 40 JP. Sedangkan standar latihan untuk 160 JP dibagi kepada 136 JP untuk kelompok unit kompetensi dan untuk kelompok unit non kompetensi sebanyak 24 JP.
“Pelaksanaan pelatihan ini terhitung mulai tanggal 13 Juli 2017 sampai dengan tanggal 19 Agustus 2017,’’ katanya.
Masih menurut Dikdik, 160 orang peserta pelatihan adalah calon pencari kerja dan angkatan kerja baru di lingkungan industri tembakau dan penghasil tembakau di Kabupaten Sumedang. “Untuk mendapatkan masukan seberapa besar materi pelatihan dapat diserap oleh peserta, maka akan dilaksanakan evaluasi harian, evaluasi akhir dan evaluasi program,” ungkap kadis Dikdik.
Evaluasi akan dilakukan sebagai dasar dalam penentuan kelulusan disamping aspek disiplin, tanggung jawab dan siakp etika dari peserta selama mengikuti pelatihan. “Peserta dinyatakan lulus dan berhasil mendapatkan sertifikat kelulusan dengan memenuhi syarat meraih nilai rata-rata latihan, kehadiran minimal 90%, dan memiliki etika yang baik selama mengikuti pelatihan,” imbuhnya.
Bupati Eka Setiawan mengatakan, program pelatihan tenaga kerja berperan penting dalam meningkatkan keterampilan calon pekerja. Menurutnya, pelatihan kepada calon tenaga kerja di Kabupaten Sumedang, sedikit banyak bisa membantu mensejahterakan taraf hidup serta meningkatkan penghasilan masyarakat Sumedang.
“Saya harapkan para peserta pelatihan tetap semangat dan mengikuti pelatihan dengan sungguh sungguh, karena pelatihan ini diselenggarakan untuk menambah pengalaman dan pengetahuan untuk menghadapi dunia kerja,” katanya.
Ditambahkan Eka, untuk kedepannya diharapkan lebih banyak lagi para pemuda di Kabupaten Sumedang yang mengikuti kegiatan pelatihan, agar pemuda-pemuda Sumedang kedepannya memiliki cara kerja yang sistematis, mempunyai mindset yang bagus serta kreatif.
‘’Sumedang saat ini sedang dalam kondisi membangun. Pembangunan di bidang ekonomi, pariwisata, dan infrastuktur akan memerlukan tenaga-tenaga yang profesional, terampil serta bersemangat membangun Sumedang,” pungkas Eka.

Pelatihan dilaksanakan di Aula UPT Balai Pelatihan Kerja Dinsosnaker Sumedang yang dibuka secara langsung oleh Bupati Eka Setiawan serta dihadiri oleh para Asisten, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang, Kepala UPT Balai Pelatihan Kerja Dinsosnaker Sumedang, pejabat struktural, para peserta pelatihan, serta unsur terkait lainnya.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar