Hingga 2 Tahun Kedepan Kabupaten Sumedang Kekurangan Guru

Sumedang Selatan, Korsum
Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Unep Hidayat menyebutkan, hingga dua tahun kedepan Sumedang bakal kekurangan guru PNS secara besar-besaran. “Bahkan ada satu sekolah yang hanya kepala sekolahnya saja yang berstatus PNS, yaitu sekolah satu atap USB yang baru. Konsekwensinya semua tugas fungsinya dikerjakan oleh sukwan,” kata unep usai menghadiri kegiatan PGRI Kecamatan Sumedang Selatan, (18/7).
 Kekurangan guru ini, tandas Unep, tidak akan tertutupi dalam kurun waktu dua tahun lantaran nanti dalam satu periode akan ada 3000 guru yang bakal pensiun.
Terkait SDN Cijolang yang terkena jalan Tol Cisumdawu, lanjutnya, tetap akan dibangun kembali jika uang penggantiannya sudah masuk akan dianggarkan. “Kita sudah komunikasi dengan Satker. Dan kalau uang sudah masuk kas daerah, nanti akan dianggarkan di APBD,” jelas Unep.
Sebetulya, lanjutnya lagi, pihaknya menginginkan terima kunci dan tinggal pakai saja. “Soal lokasinya nanti, kita serahkan saja ke pihak Desa yang nanti akan menentukannya,” pungkas Unep.
Di tempat sama, Ketua PGRI Sumedang Dedi Suhayat membenarkan, Kabupaten Sumedang kekurangan guru. Dedi pun meminta pemerintah agar mendorong pemenuhan guru berstatus PNS di Kabupaten Sumedang. Hingga kini, kata dia, di Kabupaten Sumedang masih kekurangan sekitar 1600 guru PNS.
Dedi menyebutkan, kondisi sekarang jumlah guru berstatus PNS di Sumedang ada sekitar 8 ribu lebih. Dari jumlah ini dilengkapi oleh guru sukwan atau honorer sekitar 6 ribu guru.
“Saat ini ada 14 ribu guru dari semua tingkatan sekolah. Hanya saja kita kekurangan 1600 guru PNS,” kata Dedi usai mengikuti sebuah acara di Sumedang.
Pengangkatan guru honor untuk menjadi PNS sangat diperlukan guna menunjang kualitas SDM. Selama ini, penyebaran guru PNS masih dirasa kurang merata. Kekurangan guru PNS paling dirasakan di wilayah Jatinangor, Tanjungsari, Cimanggung dan Sukasari.

“Pada dasarnya ketersediaan guru sudah terpenuhi oleh sukwan tapi untuk menunjang kualitas pendidikan yang memadai memang harusnya pemerintah mengangkat sekitar 1600 guru PNS,” pungkasnya.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar