Jalan ‘Butut’ Menuju Desa Ketua Apdes

Sumsel, Korsum
Saat ini, hampir semua desa di Kabupaten Sumedang membangun insfrastur jalan, baik  dari program Sapras atau Dana Desa (DD). Namun jalan menuju Desa Margalaksana Kecamatan Sumedang Selatan, kondisinya semakin rusak parah. Padahal, jalan butut siga walungan saat itu merupakan akses menuju desanya Ketua Apdesi Sumedang.
“Seharusnya, Desa Margalaksana  yang kadesnya Ketua Apdesi itu menjadi pelopor atau percontohan bagi desa lain dalam hal membangun insfrastur desa. Tapi justru sebaiknya, pembangunan insfrastur Desa Margalaksana malah ketinggalan oleh desa lain yang kondisinya sudah lebih baik,” ujar Ida warga Sumedang, saat berkunjung ke Desa Margalaksana, Kamis (15/6).
Diakui, memang kondisi gedung Desa Margalaksana sudah megah mentereng, bahkan taraf ekonomi warganya sudah maju, tapi sayang insfrasuktur jalan masih amburadul. Atau mungkin desa ini terobsesi ingin menjadi desa wisata offroud, sehingga jalan dibiarkan kondisinya medan berat.
Kades Margalaksana Andre Y Muchtar yang juga Ketua Apdesi Sumedang tak menampik kondisi jalan seperti itu. Kata dia, pihaknya sudah beberapa kali mencoba perbaiki, tapi tidak secara full sehingga kondisinya rusak lagi. Tapi berharap dari PIK,  jalan ini bisa diperbaiki secara maksimal.
“Memang desa ini sangat dekat dengan pemerintahan kabupaten, tapi kondisi jalannya sangat hancur. Tapi kami tidak banyak meminta karena berharap ada kepekaan pihak lain karena jalan ini statusnya jalan kabupaten yang tak bisa diperbaiki dari dana desa. Bahkan kondisi jalan hancur ini sering dilaporkan ke bupati, tapi sampai saat ini masih belum ada realisasinya,” ujarnya.
Disebutkan, jalan yang hancur ini sekitar 4 kilometer. Namun belum genap satu tahun diperbaiki,  jalan ini sudah hancur lagi bahkan sama sekali tak ada drainasenya sehingga ketika hujan, jalan ini seperti sungai yang mempersulit laju kendaraan.

“Kami memohon kepada pemerintah Sumedang untuk secepatnya jalan ini ada perbaikan secara maksimal. Sebab dengan kearifan lokalnya, desa ini akan menuju desa wisata yang tentunya harus ditunjang dengan insfrasuktur jalan yang layak jika dilalui kendaraan,” katanya.**[yf saefudin]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar