Jalan Tak Kunjung Diperbaiki Kades Cisurat Tagih Janji Pemkab

Wado, Korsum
Janji Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang untuk memperbaiki jalan di Desa Cisurat yang tidak kunjung diperbaiki sejak beberapa tahun kebelakang, selain sebagai akses mobilisasi warga, jalan tersebut merupakan akses menuju ke pesisir waduk Jatigede dari Desa Cisurat.
Seperti di katakan Kepala Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Asep Widiana, bahwa di tahun 2014 lalu jalan ini sempat mau di hotmix dan sudah dianggarkan di Pagu Indikatif Kewilayahan (PKL), akan tetapi saat pelaksanaan pengerjaan jalan tersebut dibangun di luar dari perencanaan awal. “Hasil Musrenbang kan disepakati akan dibangun anggaran dari PIK dengan Segmen Cisurat-Cigunung, akan tetapi, saat pelaksanaan malah dikerjakan dari Cipasang-Cigunung, dan akhirnya tidak sampai ke Desa Cisurat,” ujarnya, saat dikonfirmasi Korsum, di ruang kerjanya, Kamis (13/7).
Asep menuturkan, bahwa pada saat itu pihaknya sempat melayangkan protes dan akhirnya dijanjikan akan dianggarkan lagi di PIK di tahun 2017 hasil Musrenbang tahun 2016, Namun hingga saat ini tak kunjung juga di perbaiki. “Ada yang mengukur lagi beberapa bulan kebelakang, dan katanya akan di perbaiki bulan Juni ini (2017), tapi hingga saat ini belum ada tanda tanda akan diperbaiki,” keluhnya.
Padahal, lanjutnya lagi, seharusnya pemkab harus bisa memprioritaskan, karena jalan tersebut langsung bisa menuju ke pesisir waduk, yang tentunya akan akan banyak mengundang wisatawan, sehingga bisa di jadikan obyek wisata, sehingga bisa menambah PAD sumedang.
Asep juga mengatakan, pihak desa tidak bisa menganggarkan untuk memperbaiki jalan tersebut, pasalnya status jalan tersebut merupakan jalan Kabupaten bukan jalan desa. “Jalan tersebut kan statusnya sebagai jalan kabupaten, otomatis tidak bisa dianggarkan di desa,” ucapnya.
Asep berharap, pemkab menepati janjinya untuk memperbaiki jalan yang panjangnya mencapai 1,3 km tersebut, pasalnya masyarakat memerlukan akses jalan yang bagus, jangan sampai hanya sebatas janji, terlebih jalan tersebut waktu mulai penggenangan digunakan sebagai jalan alternatif dimana waktu itu jalan lingkar belum selesai.
“Ya saya harapkan pemkab menepati janjinya, jangan hanya janji janji tanpa bukti, kasihan masyarakat di Desa Cisurat," pungkasnya.

Sementara itu ketika akan dikonfirmasi akan hal tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sedang tidak ada di tempat.**[Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar