PADesa Sukajadi Dialokasikan Untuk Beasiswa 10 Siswa

Wado, Korsum
Pendapatan Asli Desa (PADesa) Sukajadi Kecamatan Wado dialokasikan untuk beasiswa 10 orang. Hal tersebut, diupayakan untuk meningkatkan minat belajar siswa di Desa Sukajadi, baik di bidang agama ataupun pendidikan.
Seperti dikatakan Kepala Desa Sukajadi, Dede Suhendar, bahwa saat ini sudah ada 10 Siswa yang terdiri dari 5 orang siswa SD dan 5 Siswa SMP, dengan masing-masing siswa mendapatkan Rp 1,5 juta untuk satu tahun. “Kemarin sudah resmi 10 Siswa mendapatkan uang beasiswa sebesar Rp 1,5 juta per orangnya,” sebutnya, kepada Korsum, di Kantor Kecamatan Wado, Rabu (14/6).
Syarat untuk mendapatkan beasiswa tersebut sangat mudah, terang Dede, siswa hanya di tes 1 Juz Al-quran, secara dihafal. Dan untuk siswa yang bisa menghapalkannya itu bisa menikmati beasiswa tersebut. “Jadi siswa yang bisa menghafal 1 Juz, itu berhak mendapatkan beasiswa selama satu tahun,” ucapnya.
Dede mengatakan, walaupun berlaku satu tahun tapi untuk siswa yang masih duduk di bangku SD bisa mendapatkan kembali, tatapi untuk yang pernah mendapatkan beasiswa sebelumnya, nantinya syaratnya akan dibedakan dengan yang belum mendapatkan. “Jadi, kalau yang sudah mendapatkan beasiswa, kalau mau mendapatkan lagi syaratnya itu ditambah 1 Juz lagi jadi harus hafal 2 Juz kalau mau mendapatkan lagi,” jelasnya.

Kades menambahkan, dalam melakukan seleksi untuk siswa yang mendapatkan beasiswa, pihaknya melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan juga beberapa dari guru pesantren dari luar desa, hal tersebut supaya tidak ada kecemburuan dari orangtua siswa lainnya. “Jadi tim seleksinya melibatkan pihak luar, itu agar tidak ada kecemburuan sosial,” tuturnya.**[Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar