Pasca Libur Lebaran Pelayanan Disdukcapil Belum Optimal

Kota, Korsum
Warga di Kabupaten Sumedang mengeluhkan tidak optimalnya pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang pasca-libur Lebaran. Hal tersebut dikarenakan tidak onlinenya server.
Seperti dikatakan salah seorang warga Kecamatan Sumedang Utara, Yana Taryana, bahwa saat dirinya mengurus e-KTP, harus mengantri panjang dan berjam jam, tetapi ketika sampai di loket malah tidak dilayani dengan dalih server tidak online. “Kami jelas kecewa. Karena sudah antre berjam-jam tapi tidak bisa dilayani, lihat saja antreannya hari ini panjang sekali. Warga berdesakan di dalam ruangan,” ujarnya, kepada Korsum, Selasa (4/7).
Hal senada dikatakan Warga Desa Licin, Kecamatan Cimalaka, Herman, mengeluhkan hal yang sama. Dia diminta datang kembali ke kantor Disdukcapil esok hari (5/7), karena petugas Disdukcail tidak bisa melayani warga sekaligus.
"Sama saya juga malah diminta kembali lagi besok, padahal seharusnya dinas siap sedia saat kembali buka setelah libur Lebaran. Kasihan aja ada warga yang harus bekerja di luar kota tapi tidak bisa dilayani dalam satu hari,” tuturnya.
Malahan lagi yang lebih parah, lanjutnya, ada warga yang dari kecamatan cibugel tadi yang sudah dua hari bolak balik tapi tetap belum beres. “Seharusnya bilang saja hari apa beresnya, jangan nyuruh kembali lagi besok tapi belum juga selesai, bolak balik kesini kan pake ongkos,” tuturnya dengan nada kesal.
Kepala Disdukcapil Sumedang, Agus S Rasjidi, saat dikonfirmasi Korsum, mengatakan, belum optimalnya pelayanan administrasi kependudukan di dinasnya karena pada hari pertama masuk kerja, Senin (3/7). "Pasti kurang optimal karena kemarin (Senin) jaringan online dari pusat gangguan. Dan hari ini ribbon (menu berbentuk pita berisi ikon-ikon) habis,” sebutnya.
Selain itu, Agus juga mengatakan, ada juga masyarakat yang ingin dilayani dengan special dengan dalih harus segera kembali ke luar kota. “Ada juga yang ingin dilayani spesial. Tidak mau mengikuti sistem nomer antrean, ya susah juga kalau begitu," akunya.**[Acep Shandy
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar