Pejabat MPP Terancam Nonjob

Kota, Korsum
Seiring dengan rencana Bupati Sumedang, Eka Setiawan yang bakal mencalonkan kembali menjadi bupati pada Pilkada 2018 mendatang, maka bupati pun berencana akan melakukan rotasi dan mutasi pejabat di lingkungan Pemkab Sumedang untuk yang terakhir kalinya sebelum penetapan bakal calon Bupati.
Sebagaimana yang telah ditetapkan dalam aturan, 6 bulan sebelum penetapan calon, petahana tidak diperkenankan melakukan mutasi. Begitu pula untuk bupati terpilih nanti, bisa melakukan mutasi setelah 6 bulan sejak dilantik.
Dengan pertimbangan waktu yang cukup lama, tersiar isu pejabat struktural yang diperkirakan akan pensiun sekitar 3 bulan lagi terancam dinonjobkan agar posisinya bisa langsung terisi.
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, Endi Ruslan membantah bakal menonjobkan pejabat pejabat yang dalam waktu dekat ini akan pensiun. Namun Endi mengakui, hingga Oktober tahun ini memang akan banyak jabatan yang kosong karena pejabatnya memasuki masa pensiun, dan untuk mengisi jabatan yang kosong akan diangkat Plt. "Kalau yang bersangkutan dinonjobkan berarti harus jadi staf," terangnya, Jumat (14/7), di kantornya.
Endi menyebutkan, saat ini ada 31 jabatan struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang yang kosong karena pejabat sebelumnya memasuki masa pensiun. Jabatan yang kosong tersebut terdiri dari jabatan pada eselon llla, lllb, IVa, dan IVb.
Jabatan yang kosong tersebut, tutur Endi, terdiri dari eselon IIIa dua jabatan (Camat Tanjungkerta dan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan). Sementara eselon IIIb ada lima jabatan (Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial dan PPPA, Kabid Perlindungan Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja, sekretaris kecamatan (Sekcam) Situraja, Sekcam Pamulihan, dan Sekcam Cimalaka). "Sedangkan untuk jabatan eselon IVa dan Ivb, ada 24 jabatan yang kosong," katanya.
Endi mengatakan, untuk mengisi jabatan yang kosong tersebut, saat ini telah ditunjuk sejumlah Plt agar tidak mengganggu roda pemerintahan dan juga pelayanan terhadap masyarakat Kabupaten Sumedang.
Menurut informasi yang diterima Korsum, mutasi untuk jabatan eselon III dan IV rencananya akan dilakukan pada Senin (17/7). Kecuali untuk eselon II, walaupun pada bulan Agustus nanti ada satu jabatan yang kosong, tetapi tidak akan segera diisi karena mekanismenya harus dilakukan secara open bidding.

“Untuk jabatan eselon II tersebut hanya akan diisi oleh plt hingga satu setengah tahun atau sampai enam bulan setelah pelantikan bupati terpilih nanti,” pungkas Endi.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar