Pelantikan JPT 10 Orang Dapat Promosi Jabatan

Kota, Korsum
Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Sumedang Nomor 821.2/KEP.89/BKPSDM/2017 tentang Pengangkatan Dan Alih Tugas Pegawai Negeri Sipil Dalam Jabatan Tinggi Pratama Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang, Bupati Eka Setiawan melokir 4 orang Jabatan Pimpinan Tinggi (eselon IIb). Mereka adalah Asisten pemerintahan Agus Sukandar yang bertukar posisi dengan Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Endah Kusyaman serta Asisten Administrasi Umum Dadang Sukma bertukar posisi dengan Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Dicky Rubiana Abdullah.
Adapun Surat keputusan Bupati Sumedang Nomor 821.2/KEP.90/BKPSDM/2017 tentang Pengangkatan Dan Alih Tugas Pegawai Negeri Sipil Dalam Jabatan Administrator Di Lingkungan Pemkab Sumedang, Bupati pun telah merotasi dana memberikan promosi kenaikan jabatan terhadap 51 orang dalam jabatan administrator.
Dari 51 orang jabatan administrator, terdapat 10 orang yang promosi jabatan. Diantaranya 2 orang pejabat eselon IIIb naik menjadi pejabat eselon IIIa, yaitu Ani Apriani Rumdana (dari Kabid PAUD menjadi Kabag Organisasi) dan Cicin Sondali (dari Sekcam menjadi Camat). Sementara 8 orang lainnya naik jabatan dari eselon IVa menjadi eselon IIIb.
Usai melakukan sumpah jabatan kepada 55 orang Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang, Kamis (20/7) di Gedung Negara, Bupati mengungkapkan, pelantikan ini diharapkan akan mampu mengakselerasi pencapaian Visi Kabupaten Sumedang, Senyum Manis atau Sumedang Sejahtera, Nyunda, Maju, Mandiri dan Agamis.
“Semoga momentum ini mampu memberikan kesegaran, semangat baru, serta menciptakan situasi dan kondisi yang lebih kondusif dalam mempercepat terwujudnya Sumedang Senyum Manis,” ujarnya.
Menurut Bupati,  rotasi, mutasi ataupun promosi dalam suatu jabatan merupakan bagian dari dinamisasi, proses penyegaran dan penyesuaian kebutuhan personil dalam organisasi birokrasi, dan akan selalu ada selama kebutuhan dan situasi orgasisasi menghendakinya.
“Prosesi pelantikan dan mutasi jajaran pejabat adalah bagian dari kebutuhan organisasi dalam rangka peningkatan kapasitas karier pegawai, dan dimaksudkan untuk lebih memperlancar pelaksaaan tugas,” sebut Eka.
Selain itu, lanjutnya, hendaknya pelantikan ini dimaknai dari sudut kepentingan orgasnisasi, bukan hanya sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu.
“Pertimbangan utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai adalah kompetensi, pengabdian dan komitmen terhadap tugas serta tanggung jawab. Oleh karenanya pejabat harus memiliki wawasan yang luas dan siap membantu pimpinan dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan sehingga para pejabat dapat menjadi roda penggerak organisasi,” imbuhnya.
Pelantikan ini agar dijadikan sebagai momentum perbaikan dan peningkatan profesionalisme sehingga orientasi berpikir selaku aparatur adalah untuk melaksanakan pengabdian, mengukir prestasi, loyalitas dan dedikasi bagi keuntungan daerah serta keberhasilan tugas dan kewajiban yang dikerjakannya.
“Pejabat yang baru dilantik hendaknya benar-benar mampu menjabarkan kepercayaan dan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya, penuh keseriusan dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas pokok fungsinyaserta mampu menjawab perkembangan dinamika jaman, serta bisa mengemban kepercayaan dan amanah dengan baik, sehingga bisa memberikan peran yang maksimal dalam pengembangan Kabupaten Sumedang,” tukasnya.
Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, Endi Ruslan mengatakan, pelantikan pejabat ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.
“Sehingga ada penyesuaian nama pada jabatan struktural, yaitu jabatan pimpinan tinggi pratama setara dengan eselon II, jabatan administrator setara eselon III dan jabatan pengawas serta pelaksana setara dengan eselon IV dan V,” ujarnya.

Pelantikan pejabat ini, imbuh Endi, hanya dilakukan terhadap jabatan eselon II dan III saja, sedangkan untuk jabatan eselon IV akan dilaksanakan pada minggu-minggu ini.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar