Rumah OTD Nyaris Roboh

Darmaraja, Korsum
Beberapa rumah warga terdampak (OTD) Waduk Jatigede nyaris roboh. Hal itu diakibatkan terburu-burunya saat membangun rumah beberapa tahun silam, karena didesak oleh adanya air Waduk Jatigede yang terus merangsek ke pemukiman, sehingga dengan terpaksa warga membangun rumah di atas tanah yang belum layak untuk dibangun.
Seperti beberapa rumah warga  OTD yang ada di wilayah Dusun Munjul, Desa Sukamenak, Kecamatan Darmaraja, ada 4 rumah yang saat ini sudah nyaris roboh  akibat pondasi rumahnya mengalami pergeseran.
Seperti dikatakan oleh Pejabat Sementara Kepala Desa Sukamenak, Gustaman, bahwa bahwa hampir semua rumah yang hampir roboh itu milik warga terdampak pembangunan Waduk Jatigede, kerusakannya rata-rata dibagian pondasi rumah tersebut yang mengalami pergeseran.
“Mungkin karena dulu saat membangun rumahnya itu terlalu tergesa-gesa, akibat di desak oleh air waduk yang terus merangsek pemukiman mereka,” tuturnya, kepada Korsum, di ruang kerjanya, Kamis (20/7).
Untuk itu, lanjut Gustaman, pihak desa telah berupaya meninjau langsung rumah-rumah tersebut dan melaporkannya ke tingkat kecamatan dan juga beberapa intansi yang berpeluang bisa membantu warga. pasalnya, warga yang saat ini rumahnya nyaris roboh, sangat kecil kemungkinan untuk bisa memperbaikinya dikarenakan keadaan ekonomiannya yang lemah.
“Saya pesimis kalau warga mampu merehabnya sendiri rumahnya, karena perekonomiannya yang belum pulih pasca penggenangan waduk," jelasnya.
Gustaman juga, mengkhawatirkan kondisi cuaca yang ekstrim dengan angin yang kencang sepanjang hari dan malam hari membuat warga semakin resah dan tidak bisa tidur nyenyak. “Saya lebih khawatir lagi di musim kemarau ini, karena anginnya kencang,” ucapnya.
Oleh karena itu, pihaknya menghimbau, agar warga selalu waspada terhadap kondisi rumahnya saat ini, dan berharap agar ada kepedulian dari pemerintah yang mempuyai program menanggulangi rakyat miskin terlebih ini akibat dampak pembangunan waduk jatigede. “Ya intinya saya selaku kepaka desa berharap aagar pemerintah mau memprioritaskan warga miskin, terutama yang warga OTD yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan,” harapnya.**[Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar