SEKILAS TENTANG STROKE

dr. Asep Nugraha Hermawan, Sp.S*

Stroke adalah gangguan fungsi sebagian atau seluruh otak yang muncul secara mendadak sebagai akibat gangguan aliran darah. Gangguan aliran darah tersebut dapat berupa sumbatan atau pecahnya pembuluh darah tertentu di otak. Akibatnya sel-sel otak akan kekurangan darah, oksigen dan zat-zat makanan sehingga akhirnya terjadi kematian sel-sel tersebut dalam waktu yang relatif singkat.
Stroke merupakan penyebab kematian tertinggi di Indonesia, yaitu sekitar 15,4 % dari seluruh penyebab kematian usia dewasa pada tahun 2007. Prevalensi stroke di Indonesia meningkat dari 8,3 per 1000 penduduk pada tahun 2007 menjadi 12,1 per 1000 penduduk pada tahun 2013. Hal ini menunjukkan bahwa stroke merupakan masalah kesehatan yang besar di Indonesia dan perlu usaha bersama untuk menyelesaikannya.
Kita perlu mengetahui gejala dan tanda stroke. Gejala dan tanda stroke yang lazim dijumpai adalah Kelemahan atau kelumpuhan wajah dan atau anggota gerak satu sisi atau dua sisi, Rasa baal pada wajah dan atau anggota gerak satu sisi atau dua sisi, Gangguan bicara seperti rero, Gangguan bahasa reseptif (tidak mengerti isi pembicaraan) atau ekspresif (tidak bisa keluar kata-kata) atau keduanya, Gangguan daya ingat atau memori baru yang mendadak, Gangguan orientasi tempat, waktu dan orang, Gangguan penglihatan seperti pandangan dobel atau kabur pada satu atau dua mata, Gangguan keseimbangan : vertigo, sempoyongan (ataksia), Gangguan menelan cairan dan atau makanan padat (disfagia), dan Nyeri kepala dan atau disertai penurunan kesadaran (mengantuk/somnolen sampai koma (perdarahan otak)
Berdasarkan jenisnya, stroke dibagi menjadi stroke sumbatan (iskemik) dan stroke perdarahan (hemoragik).
Stroke sumbatan terjadi akibat adanya sumbatan setempat pada pembuluh darah tertentu di otak.  Sumbatan tersebut terjadi akibat proses aterosklerosis (pengerasan dinding pembuluh darah) yang dipercepat oleh berbagai faktor risiko sehingga akhirnya dapat menyumbat sebagian atau seluruh rongga pembuluh darah (trombosis).  Stroke sumbatan dapat pula diakibatkan oleh lepasnya bekuan darah (trombus) yang berasal dari lokasi lain. Misalnya plak di pembuluh darah leher besar atau dari jantung.
Stroke perdarahan (hemoragik) disebabkan oleh pecahnya cabang pembuluh darah tertentu di otak akibat dari rapuhnya dinding yang sudah berlangsung lama dan dipercepat oleh berbagai faktor risiko (misalnya tekanan darah tinggi). Biasanya hal ini terjadi pada usia tua. Namun perdarahan otak  bisa terjadi pada usia muda sebagai akibat pecahnya anomali/kelainan pembuluh darah bawaan sejak lahir.
Faktor risiko adalah kondisi atau penyakit atau kelainan pada seseorang yang dapat memudahkan orang tersebut mengalami serangan stroke pada suatu saat. Dibagi menjadi faktor risiko yang tidak dapat diobati dan faktor risiko yang dapat diubah / diobati / dikendalikan.
Yang termasuk faktor risiko yang tidak dapat diobati atau diubah adalah usia, jenis kelamin, genetik dan ras. Sedangkan faktor risiko yang dapat diubah / diobati / dikendalikan di antaranya hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes mellitus atau kencing manis, penyakit jantung (katup/otot/irama), merokok, kolesterol tinggi, obesitas atau kegemukan, riwayat serangan iskemik otak sepintas (transient ischemic attack) atau stroke sebelumnya, obat-obatan (kokain, amfetamin, pil hormon estrogen tinggi), kurang olah raga, pola hidup/pola makan berlebihan, serta stress yang berkepanjangan.

Stroke dapat dicegah dengan cara mengendalikan faktor risiko stroke dan menjalani cara hidup yang bebas risiko terkena stroke. Mengendalikan faktor risiko dapat dikonsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan teratur. Menjalani cara hidup yang bebas risiko terkena stroke adalah menghindari pola makan berlebihan dan tinggi lemak atau tinggi garam, olah raga teratur, hindari obesitas serta hindari stress (laksanakan ajaran agama dengan benar, rekreasi, melakukan hobi, dll). 
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar