SMAN 1 Sumedang Terapkan PPDB Online dan Offline

Kota, Korsum
PPDB SMAN 1 Sumedang dilaksanakan mulai tanggal 3 sampai tanggal 8 Juli dan hasilnya akan dibuka secara serentak pada tanggal 10 Juli 2017.
“Pada PPDB tahun ini (2017), pelaksanaannya berbeda dengan yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun ini merujuk kepada Peraturan Gubernur Nomor 50 Tahun 2015 tentang PPDB Provinsi Jawa Barat, dilakukan secara online maupun offline dan menggunakan 2 jalur, yaitu jalur akademik dan jalur non akademik,” ungkap Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Nunung Julaeha, yang ditunjuk sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi SMAN 1 Sumedang, Rabu (5/7).
Menurut Nunung, jalur akademik adalah penerimaan siswa baru yang murni menggunakan hasil dari Ujian Nasional. Sedangkan jalur non akademik, termasuk siswa yang Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP) akan difasilitasi, tetapi diwajibkan membawa persyaratan yang telah ditentukan, yaitu Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) sesuai prosedur pada saat melakukan pendaftaran. Begitu pula bagi siswa yang memiliki prestasi dalam bidang olahraga ataupun seni harus dibuktikan dengan sertifikat sebagai bukti keabsahannya.
“Bagi siswa anak seorang guru TK, SD, SMP, SMA dan juga Dosen, kita fasilitasi melalui jalur penerimaan siswa non akademik melalui Undang-Undang. Selalin itu juga ada jalur MoU, yakni instansi ataupun swasta yang memiliki hubungan kerjasama dengan SMAN 1 Sumedang,” terangnya.
Tahun pelajaran 2017 ini, kata Nunung, SMAN 1 akan menerima jumlah siswa baru sebanyak 432 orang dari jalur akademik dan non akademik yang akan dibagi ke dalam 12 kelas dengan rincian per kelas berjumlah 36 siswa. Dari jumlah 432 orang tersebut, 235 orang diantaranya telah masuk ke dalam jalur akademik, dan tinggal menunggu siswa baru dari jalur non akademik termasuk 5 persen siswa pendaftar dari Provinsi Jawa Barat.
“Animo masyarakat untuk mendaftarkan anaknya sekolah ke SMAN 1 Sumedang masih sangat tinggi. Hal itu terbukti dengan siswa yang mendaftar telah berjumlah sebanyak 400 orang. Ini tentu sudah melebihi kapasitas karena sebelumnya telah diisi oleh 235 orang siswa dari jalur akademik,” kata Nunung.

Sementara itu, Bupati Eka Setiawan berharap agar semua siswa dapat tertampung seluruhnya di Kabupaten Sumedang. “Meskipun kuota di SMAN 1 Sumedang dipastikan penuh, tetapi para calon siswa harus tetap optimis. Mudah-mudahan semua siswa asal Sumedang bisa melanjutkan pendidikannya di Sumedang),” tandasnya usai meninjau proses pelaksanaan penerimaan siswa baru di SMAN 1 Sumedang.**[Dady]

Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar