Tahun 2018 TPSA Cijeruk Bisa Digunakan

Kota, Korsum
Tempat pembangunan sampah akhir (TPSA) dan pengolohan sampah Cijeruk Kecamatan Pamulihan bisa dioperasikan tahun 2018 mendatang. Sementara, pembangunannya, tahun ini mulai dikerjakan rekanan yang mendapatkan kegiatan tersebut.
Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, H. Ayuh Hidayat menyebutkan, TPSA dan pengolahan sampah Cijeruk bulan ini pembangunannya mulai dilsanakan. Sebelum pembangunan dilaksanakan, terlebih dahulu Satker pusat dan rekanan yang disertai Dinas LHK akan melaksanakan sosialisasi terhadap masyarakat yang ada di sekitar TPSA.
"Sosialisasi ini merupakan tatakrama yang harus dilaksanakan sebelum kegiatan dimulai," katanya, Selasa (18/7), di kantornya.
Pelaksanaan lelang kegiatan tersebut sudah berjalan dari bulan Mei lalu, dan kini sudah ada pemenangnya serta pada minggu ini akan dilaksanakan sosialisasi. Sedangkan anggaran yang dialokasikan untuk bangunan pengolahan sampah tersebut mencapai sekitar Rp 15 milyar.
Luas tanah yang dipergunakan untuk itu sekitar lima hektar hasil pembebasan tahun lalu. Karena pemenangnya sudah ada, maka pekerjaan pembangunan pengolahan dan tempat pembuangan sampah akhir (TPSA) tersebut akan segara dibangun.
Dikatakan Ayuh, setelah selesai pembangunannya nanti, TPSA Cijeruk ini akan dipergunakan oleh Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung yang sekaligus pengolahan daur ulang sampah. “Sehingga tumpukan sampah tidak akan terjadi seperti di TPSA Cibeurem. Untuk itu, mudah-mudahan pembangunanya berjalan dengan baik dan lancar supaya tahun 2018 nanti sudah bisa digunakan,” katanya lagi.
Sementara, anggaran yang dipergunakan untuk membangun Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) dan pengolahan sampah tersebut diambil dari APBN, sehingga Sumedang hanya sebagai penerima manfaat, dan segala sesuatunya diatur serta dilaksanakan oleh pihak Kementrian.
“Pembangunan TPSA dan pengolahan sampah Cijeruk Kecamatan Pamulihan tahun 2018 sudah mulai dioperasikan sesuai fungsinya, dan mudah-mudahan pembangunanya berjalan dengan baik tanpa ekses serta pada saatnya nanti bisa dipergunakan secara maksimal,” pungkas Ayuh.**[Acep Shandi]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar