Tuduh Karyawan PT. Kahatex Gelapkan Dana 2 M Jarkasih : Gunakan Dulu Langkah Bipartit

Kota, Korsum
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumedang memediasi perselisihan antara pihak perusahaan PT. Kahatex yang diwakili oleh Yayat Ruhyat menjabat sebagai Kabag personalia dengan Sekretaris Gabungan Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (Gobsi) Ranting PT. Kahatex, Syahudin Setiawan.
Pada kesempatan itu, Kabid hubungan industrial Disnakertrans Kabupaten Sumedang, Jarkasih menyarankan, agar persoalan itu terlebih dahulu dilakukan perundingan bipartit sesuai dalam Pasal 1 angka 10 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Hubungan Industrial (PHI) adalah perundingan antara pekerja/buruh atau serikat pekerja/serikat buruh dengan pengusaha untuk menyelesaikan perselisihan hubungan industrial.
Jika langkah bipartit tak mendapatkan jalan keluar atau selesai, maka kami akan memediasi langkah selanjutnya," ujarnya, saat kedua belah pihak bermusyawarah, Rabu (19/7).
Kabag Personalia PT. Kahatex Yayat Ruhyat menyampaikan, pihaknya sudah memberikan skors sebagai bentuk proses Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada Syahudin, pasalnya yang bersangkutan telah mencemarkan nama baik perusahaan dan membuat kesalahan.
Oleh sebab itu, sesuai arahan Disnakertrans Kabupaten Sumedang, kami akan tempuh jalur bipartit, namun, apabila tak berujung dengan baik, maka, kami akan tempuh mediasi melalui Disnakertrans Kabupaten Sumedang," katanya.
Sementara itu, Sekretaris ranting Gobsi PT. Kahatex, Syahudin Setiawan (41), mengatakan,  dirinya dituduh menyelewengkan dana nasabah sebesar 2 miliar, yang merupakan kerjasama antara Gobsi dengan salah satu bank swasta.
"Saya merasa keberatan, sebab pihak perusahaan sudah masuk ke ranah internal organisasi buruh. terlebih, belum ada bukti otentik dari pihak perusahaan, toh selama ini tidak ada pihak yang dirugikan, terangnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPW Gobsi Jawa Barat, Asep Salim Tamim, mengatakan, agar persoalan yang menimpa perusahaan terbesar se- Asia tenggara itu dengan seorang karyawannya dilakukan perundingan secara bipartit terlebih dulu, dan harus segera diselesaikan dengan seksama.**[Dady]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar