631 Keluarga Kurang Sejahtera Dapat Bantuan PKH

Ujungjaya, Korsum
Sebanyak 631 orang keluarga kurang sejahtera menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sumedang H. Eka Setiawa,n di kantor Unit BRI Kecamatan Ujung Jaya, Selasa (14/8).
Bantuan ini merupakan tahap kedua, dimana untuk tahap pertama telah diberikan sebelumnya pada bulan Juli kepada 682 orang, dari total keseluruhan penerima manfaat sebanyak 1344 orang.
Adapun nilai bantuan yang di terima oleh masing-masing penerima manfaat sebesar Rp 1.890.000 pertahun, yang dibagi menjadi 4 tahapan. Tahap 1 sampai dengan 3 jumlahnya sebesar Rp 500.000 sedangkan untuk tahap ke 4 sebesar Rp 390.000.
Bupati Eka Setiawan, mengatakan, PKH merupakan salah satu jaringan program untuk pengentasan kemiskinan oleh pemerintah pusat bagi keluarga harapan, dalam bentuk bantuan tunai.
“Dengan adanya program tersebut, diharapkan terjadi perubahan prilaku yang mendukung tercapainya kesejahteraan sosial di tengah masyarakat, serta menjadi landasan untuk membangun kota Sumedang menjadi lebih baik dan sejahtera,” ujarnya.
Masih menurut Eka, program perlindungan sosial ini bertujuan meningkatkan kualitas hidup Keluarga Sangat Miskin (KSM) dengan mengakses layanan kesehatan dan pendididikan tertentu yang telah ditetapkan bagi keluarga miskin.
“Penyerahan bantuan PKH pada hari ini memiliki urgensi dan esensi yang sangat tinggi, sebab dampak program PKH sangat signifikan, baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, maupun kesehatan, terutama dalam upaya percepatan penanggulanggan kemiskinan di Kabupaten Sumedang,” terangnya.
Salah seorang penerima manfaat, Anah warga Kecamatan Ujungjaya, merasa sangat terbantu dengan adanya program PKH tersebut. “Dari tahun 2008 saya telah menerima bantuan ini dan alhamdulilah sedikit mengurangi beban saya, khususnya untuk biaya pendidikan dan kesehatan. Saya berharap program ini bisa terus berlangsung dan bisa mengurangi kemiskinan khususnya di Kabupaten Sumedang,” ucapnya.
Sementara itu pendamping program PKH Kecamatan Ujung Jaya, Dede Wahyudin menyampaikan, sasaran utama dari PKH tersebut yaitu Pendidikan, Kesehatan, dan Kesejahteraan Sosial.
"Program ini bertujuan untuk mengakomodasi prinsip keluarga, yaitu satu orang tua yang memiliki tanggung jawab terhadap pendidikan, Kesehatan, kesejateraan, dan masa depan anak," pungkasnya.**[F.Arif]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar