Angka Kematian Ibu dan Bayi Tinggi Jampersal 2017 Fokus Jaminan Persalian

Kota, Korsum
Angka kematian ibu melahirkan dan bayi di tahun 2016 masih tinggi, hal tersebut berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, kematian ibu melahirkan sebanyak 17 orang dan 181 bayi. Untuk mengantisipasi itu Jampersal (Jaminan Persalian) senilai Rp 1,1 Miliar di tahun 2017 pokus untuk jaminan persalinan.
Seperti di katakana oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Retno Ernawati melalui Kabid Sumber Daya Kesehatan Ida Marlaida, bahwa angka kematian Ibu melahirkan dan bayi di Sumedang memang masih tinggi. Dari data yang masuk Ke Dinkes pada tahun 2016 ada 181 bayi dan 17 ibu yang meninggal "Untuk kematian Ibu melahirkan sendiri dari tahun ke tahun trennya cenderung naik. Meski pun masih tinggi,” ujarnya, Jumat (18/8).
Oleh karena itu, lanjut Ida, pada tahun 2017 ini program Jampersal yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinkes Sumedang, yang berjumlah Rp 1,1 Miliar, di pokuskan untuk jaminan persalianan. Sehingga bisa meminimalisasi angka kematian ibu dan bayi ini. Namun, jumlah yang teranggarkan pada tahun 2017  tidak sebanding dengan sasaran ibu hamil yang sudah terdata di Dinkes yang berasal dari puskesmas se Kabupaten Sumedang.
“Anggaran jampersal yang hanya Rp 1, 1 miliar sementara data dari puskesmas yang masuk ke Dinkes saat ini sasaran ibu hamil dengan kategori masyarakat miskin mencapai 1250 orang. Mudah-mudah bisa mengcover keseluruhan sasaran ibu hamil sebanyak 1250 orang. Karena bantuan untuk persalinan normal dari jampersal ini hanya Rp750.000/orang untuk persalian normal. Berbeda dengan yang harus dirujuk tentunya akan mencapai Rp. 15 juta/orang,” katanya.

Ida menambahkan, anggaran untuk Jampersal di tahun 2017 mengalami penurunan, selain itu ada perbedaan antara Jampersal 2016 dan 2017. “Kalau Jampersal 2016 itu tidak ada untuk jaminan persalinan, hanya ada untuk biaya mamin dan transportasi, sedangkan untuk jampersal 2017 lebih pokus ke jaminan persalinan,” pungkasnya.**[Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar