Bappenda Butuh Anggaran Untuk Melatih Petugas Pajak

Kota, Korsum
Guna membenahi pendapatan pajak di Kabupaten Sumedang, Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Sumedang membutuhkan dana sebesar Rp 2,6 miliar. Anggaran sebesar itu untuk melatih pegawai yang nantinya bertugas dalam pengelolaan pendapatan dan pajak, Bappenda membutuhkan beberapa
"Untuk pengelolaan pajak ini, kita membutuhkan beberapa tenaga atau pegawai pajak yang nantinya akan kami terjunkan dalam upaya peningkatan pemasukan pajak. Tenaga pengelolana pajak yang dibutuhkan, seperti auditor, pengawas, juru taksir, juru ukur, dan akun refresentatif. Semua tenaga pengelola dan pegawai pajak tersebut harus dilatih dan dididik mengenai perpajakan," ungkap Kepala Bappenda, Ramdan Ruhendi Dedi.
Menurutnya, pegawai pajak tersebut memiliki fungsi yang sangat dibutuhkan. Jika tidak ada petugas yang memiliki kompetensi dalam bidang perpajakan, maka akibatnya, pengelolaan pajak tidak optimal dan pendapatan menjadi tidak maksimal.
Salah satu tugas yang mendesak dibutuhkan, kata Ramdan, yaitu petugas yang membantu wajib pajak untuk menghitung pajaknya. Dengan cara ini, tidak perlu lagi ada penagih yang datang setiap waktu. Wajib pajak pun dapat melakukan self assessment dengan baik dan benar sehingga kewajiban pajaknya terpenuhi.
“Nantinya Tidak perlu ada penagih pajak, tetapi cukup dengan akun refresentatif ini maka semua wajib pajak bisa terbantu. Jadi tidak perlu lagi menagih kepada wajib pajak, tapi petugas akun refresentatif ini bisa mengetahui jumlah kewajiban yang harus dibayarkan oleh wajib pajak," terang Ramdan.
Dikatakan, Bappenda akan membagi dalam lima wilayah perpajakan degan petugasnya tersendiri. Sehingga pegawai pajak ini tidak harus ada di tiap kecamatan, melainkan cukup ada di setiap wilayah yang sudah ditentukan saja.

“Seluruh petugas pajak ini harus hapal betul mana yang punya kewajiban bayar pajak dengan seluruh potensinya,” pungkas Ramdan Ruhendi Dedi.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar