Calon Jemaah Haji Harus Bayar Sendiri Ongkos Bis Ke Bandara

Kota, Korsum
Untuk pertama kalinya, para calon jemaah haji harus mengeluarkan ongkos bis sendiri yang akan membawanya dari Sumedang menuju embarkasi haji di Bekasi dan menuju Bandara Halim Perdana Kusuma. Kondisi ini dikarenakan Pemda Sumedang tidak memiliki anggaran untuk perjalanan tersebut.
Sebelumnya, biaya perjalanan pulang pergi Sumedang-Bandara ditanggung Pemerintah daerah, tapi karena tahun 2017 ini ada keterbatasan APBD Sumedang sehingga anggaran untuk perjalanan calon haji hingga sampai ke bandara. Begitu pula dari bandara ke Sumedang setelah mereka menyelesaikan ibadah haji di tanah suci.
Demikian diungkapkan Kabag Kesra Setda Sumedang, Agus Suherman. Padahal, menurutnya, Undang-undang sudah mengamanatkan bahwa Pemerintah daerah harus memfasilitasi pemberangkatan calon jemaah haji dari lokasi ke embarkasi dan ke bandara, termasuk kepulangannya.
"Namun karena dananya tak ada, kita tak bisa berbuat banyak. Tapi dan hal ini tidak hanya terjadi di Kabupaten Sumedang, di daerah lain juga sama," ujarnya.
Selain harus bayar ongkos bis sendiri, Agus pun memastikan, para calon jemaah haji Sumedang yang akan berangkat tahun ini tidak akan mendapatkan cenderamata dari Pemda Sumedang. Pemkab Sumedang sendiri, sudah sejak tiga tahun lalu secara rutin memberikan cenderamata berupa pakaian ihrom kepada seluruh calon haji.
“Meski sebelumnya telah diajukan, tapi karena ada keterbatasan anggaran dalam APBD kita, maka alokasi untuk cenderamata ini tidak dianggarkan. Mudah-mudahan tahun depan Pemkab bisa kembali memberikan kenang-kenangan bagi calon jemaah haji,” pungkas Agus.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar