Jadi Kawasan Industri, Ujungjaya Banyak Dilirik Investor

Ujungjaya, Korsum
Setelah 31 tahun sejak berdirinya Kecamatan Ujungjaya yang ditetapkan pada 21 Agustus 1986 silam, baru pada tahun 2017 ini milangkala kecamatan diperingati.
Hal tersebut diungkapkan Camat Ujungjaya, Didin Hermawan, Senin (21/8). Sejak ditetapkannya Ujungjaya menjadi Kecamatan, telah dipimpin oleh sebanyak 12 Camat termasuk dirinya yang ditunjuk menjadi Camat Ujungjaya melalui SK Bupati Sumedang Nomor 821.2/KEP.90/BKPSDM/2017 tentang pengangkatan dan alih tugas Pegawai Negeri Sipil dalam jabatan administrator di lingkungan Pemkab Sumedang, Juli lalu.
“Tentu saya pribadi merasa bangga karena telah menjadi bagian dari sebuah sejarah di Kecamatan Ujungjaya ini. Dan alhamdulillah, berkat dorongan para tokoh masyarakat di sini serta rekan-rekan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Ujungjaya, maka hari ini kita bisa melaksanakan milangkala Kecamatan Ujungjaya untuk yang pertama kalinya sejak ditetapkannya kecamatan 31 tahun silam,” ungkapnya.
Dikatakan Didin, Kecamatan Ujungjaya masa lalu dan masa kini sudah jauh berbeda, dimana Ujungjaya saat ini keadaan masyarakatnya lebih maju. Terlebih, berdasarkan rencana pemerintah, Ujungjaya ke depan akan dijadikan sebagai kawasan khusus perindustrian. Menyikapi rencana pemerintah tersebut, Didin pun berharap agar masyarakat Ujungjaya tetap berpegang terhadap tradisi yang sudah ada, seperti halnya kegotongroyongan serta seni dan budaya sebagai warisan para leluhur Ujungjaya jangan sampai tergerus oleh budaya luar yang mungkin hadir di wilayahnya.
“Mudah-mudahan, majunya Ujungjaya jangan sampai mengubah budaya positif masyarakat yang telah ada, dan karena Irian Jaya merupakan salah satu etalase Pemkab Sumedang. Maka kita harus bisa menampilkan wajah bagi kabupaten tetangga kita, Sumedang yang Sejahtera, Nyunda, Maju, Mandiri dan Agamis (Sumedang Senyum Manis),” imbuhnya.
Bupati Eka Setiawan pun mengatakan, kecamatan Ujungjaya ke depan akan jauh lebih maju dan berkembang, seiring dengan wilayah Kecamatan Ujungjaya yang akan dijadikannya kawasan ekonomi khusus perindustrian.
“Ini adalah babak baru Ujungjaya, karena saya yakin, dalam beberapa tahun ke depan di sini akan dijadikan salah satu wilayah yang dipilih menjadi pengembangan wilayah. Hal ini terlihat dengan mulai banyaknya calon investor yang mulai melirik kawasan Ujungjaya ini,” ujarnya.
Namun demikian, dirinya mengingatkan kepada seluruh warga Ujungjaya agar mempersiapkan segala sesuatunya dalam menyambut Ujungjaya menjadi kawasan industri. Kesiapan dari aspek Sumber Daya Manusia dan sebagainya, agar menghindari menjadi penonton di rumah sendiri.” tuturnya.
“Industri itu tentunya memerlukan pekerja dan kita harus mempersiapkannya. Saya imbau masyarakat juga bisa bahu membahu dengan pemerintah, dan berikan kesan yang baik bagi para calon investor sehingga mereka tidak ragu untuk berinvestasi di wilayah kita,” tukas Eka.
Terkait dengan milangkala Kecamatan Ujungjaya, ia pun berharap agar tahun-tahun berikutnya bisa diselenggarakan acara yang sama, yaitu peringatan HUT Kecamatan Ujungjaya. “Tak lupa saya sampaikan selamat kepada Kecamatan Ujungjaya yang pada tahun ini melaksanakan milangkala Kecamatan yang ke-31, saya berharap milangkala ini juga dilakukan di tahun-tahun selanjutnya. Saya do’akan juga semoga masyarakat Ujungjaya ke depan akan lebih maju dan berkembang,” pungkasnya.
Milangkala Kecamatan Ujungjaya ke-31 saat itu pun diisi oleh prosesi pemotongan tumpeng oleh Camat Ujungjaya yang diberikan kepada Bupati Eka. Sebelumnya, di hari yang sama telah dilaksanakan pula gerak jalan yang diikuti oleh seluruh warga masyarakat Ujungjaya, dengan rute mulai dari Kantor Kecamatan Ujungjaya-Pasar Baru-Pasantren-Jl. Aput-Jl. Rd. Ali Sadikin dan finish kembali di Kantor Korsum.**[F.Arif]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar