Jembatan Pacifik Bakal Direnov

Kota, Korsum
Jembatan Pacifik yang dibangun sekitar tahun 60an itu, kini sedang direnovasi. Pemerintah Kabupaten Sumedang akan mempercantik Jembatan Pasifik, dengan membuat ornamen taman gantung yang berbebtuk setengah lingkaran di kedua sisi dengan penyangga lengkung di atasnya.
"Fungsi jembatannya tetap, tidak akan terganggu, panjangnya dan lebar lintasan kendaraanya pun tetap sama. Hanya saja kami tambahkan ruang publik atau bisa disebut taman gantung di kedua sisinya. Taman tersebut dapat dipakai untuk tempat nongkrong seperti taman yang ada di Bunderan Binokasih,” terang Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sumedang, Sujatmoko, Rabu (16/8) di kantornya.
Dengan anggaran senilai Rp 2,7 miliar yang bersumber dari APBD tahun 2017, jembatan yang melintasi Sungai Cipeles ini,  dari segi kontruksi akan dipercantik hampir menyerupai Jembatan Rancapurut yang lebih dulu direnov. Hanya saja yang membedakannya adalah taman yang dibangun di bagian kedua sisinya. Kemudian untuk jalur pedestrian akan ada sedikit perubahan dengan adanya trotoar dan ornament hiasan seperti bola beton di pengamanannya.
"Untuk jalur pedestrian sama sekali tidak terganggu, tapi akan ada sedikit sentuhan hiasan seperti bola beton sebagai pembatas dengan jalur kendaraan agar pejalan kaki tetap merasa aman dan nyaman," katanya.
Sujatmoko menyebutkan, desain taman akan dibuat senyaman mungkin untuk aktivitas masyarakat seperti nongkrong dan tempat selfie yang saat ini sedang menjadi trend. Untuk lantainya, akan menggunakan material dan corak yang lebih minimalis supaya serasi dengan jalur pejalan kaki. Tidak hanya itu, dimalam hari pun akan terlihat lebih semarak dengan adanya lampu hias warna-warni.

"Tempat duduk dan lantai di tamannya nanti akan dibuat semenarik mungkin, jadi tidak antimainstream. Dan di malam haripun akan terlihat lebih indah, sebab akan dipasang lampu hias," jelasnya.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar