KPU Sumedang Siapkan Puluhan Juta Bagi Pemenang Lomba Lagu dan Maskot Pilkada 2018

Kota, Korsum
Salah satu tahapan penyelenggaraan pilkada di Kabupaten Sumedang adalah kegiatan Lomba Lagu dan Maskot Pilkada Kabupaten Sumedang 2018 yang saat ini sudah memasuki tahap penilaian oleh tim juri, Pelaksanaan penilaian dilakukan oleh dua tim juri, masing-masing tim terdiri dari 5 orang untuk penilaian maskot dan lagu.
"KPU mempercayakan penilaian sepenuhnya pada dewan juri, dan sama sekali tak ingin mempengaruhi atau mengintervensi proses penilaian," kata Ketua KPU Sumedang, Hersa Santosa, Rabu (9/8) di kantornya.
Di tempat yang sama, Ketua Divisi Hukum, SDM, dan Partisipasi Masyarakat KPU Sumedang, Elsya Tri Ahaddini menambahkan, keseluruhan karya yang dikirim peserta dalam lomba ini berjumlah 43, terdiri dari 13 karya untuk lomba  kategori lagu Indonesia, 14 karya untuk lagu Sunda, dan 16 untuk lomba maskot.
Elsya menyebutkan, seleksi pemenang dalam lomba ini melalui tiga tahapan. "Tahap pertama adalah  penilaian oleh tim juri yang berasal dari unsur praktisi, seniman, budayawan, media, dan KPU. Tahap ke dua adalah pelaksaan rapat pleno KPU tentang penentuan pemenang lomba berdasarkan rekomendasi tim juri. Dan tahap ketiga yakni penerbitan Surat Keputusan KPU tentang penentuan pemenang lomba yang diakhiri dengan pengumuman dan pemberian hadiah bagi pemenang," ujarnya.
Elsya juga menjelaskan, juara lomba maskot nantinya merupakan pemenang tunggal, dan akan mendapatkan hadiah uang senilai Rp 10 juta rupiah. Sedangkan pemenang lomba lagu untuk masing-masing kategori akan mendapatkan Rp 5,5 juta rupiah untuk juara pertama, Rp 4 juta rupiah untuk juara kedua, dan Rp 3 juta rupiah untuk juara ketiga.
Untuk lomba cipta lagu, lanjut Elsya, tim juri merekomendasikan tiga karya terbaik bagi masing-masing kategori. Dan untuk lomba maskot, tim juri merekomendasikan dua karya terbaik.
"Persaingan karya untuk kategori lagu Sunda terbilang sangat ketat. Karya yang masuk ke meja panitia bagus-bagus. Dari keseluruhan, tim juri berhasil menjaring 5 karya terbaik, namun dari 5  karya tersebut harus disaring lagi menjadi 3. Ini bukan pekerjaan mudah, karena memerlukan pertimbangan dengan melihat berbagai aspek," katanya.
Karya yang terpilih sebagai pemenang dipastikan merupakan yang terbaik dengan memperhatikan kriteria lomba yang telah ditetapkan sebelumnya. “Kami mengucapkan terimakasih pada anggota masyarakat yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini,” pungkas Elsya.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar