Penderita TB HIV Di Sumedang Terus Bertambah

Kota, Korsum
Dari tahun ke tahun sampai dengan tahun 2017 ini tren penderita TB HIV di Kabupaten Sumedang cenderung naik tiga kali lipat. Menyikapi hal tersebut, kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, dr. Reny K. Anton, sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 67 Tahun 2016 tentang Penanggulangan Tuberkolosis (TB), pihak Dinas Kesehatan serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang akan bersama-sama menanggulangi TB HIV dengan sasaran di beberapa tempat kerja yang ada di Sumedang.
"TB sendiri merupakan infeksi oportunistik terbanyak dan penyebab utama kematian. Karena itu, tujuan kerjasama antar dinas ini untuk mengurangi beban penyakit tersebut secara efektif dan efisien melalui pembentukan mekanisme kolaborasi program TB dan HIV dengan menurunkan beban TB pada ODHA," ujarnya usai rapat penanggulangan TB HIV di ruang rapat Disnakertrans Sumedang, Kamis (7/9) lalu.
Selain itu, kata Reny, Dinas Kesehatan juga terus mengintensifikasi penemuan kasus TB dan pengobatan di layanan kesehatan serta menurunkan beban HIV pada pasien TB. Yaitu dengan menyediakan tes HIV, pencegahan HIV, pengobatan preventif dengan kotrimoksasol dan perawatan dukungan hingga pengobatan HIV.
"Diantara kategori penyakit infeksi, TB merupakan urutan ketiga penyebab kematian di Indonesia setelah gangguan jantung dan infeksi gangguan pernapasan. Prevalensi TB di Indonesia pada 2009, 100 dari 100.000 orang, 70% dialami oleh usia produktif," ungkapnya.
Negara Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat epidemik HIV/AIDS di Asia. Komisi penanggulangan AIDS Nasional memperkirakan 390.000 orang hidup dengan HIV di Indonesia.
"Saat ini, data kasus HIV di tempat kerja belum tercatat secara resmi. Namun akumulasi data kasus AIDS tercatat di Indonesia sampai Desember 2009 adalah sejumlah 19.923 kasus, 80% diantaranya merupakan usia produktif," tutur Reny. "Pada tahun 2008, Departemen Kesehatan melaporkan bahwa 11% hingga 50% dari kasus HIV meninggal karena TB," imbuhnya.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar