Tahapan Pilkada 2018 Berpedoman Pada PKPU

Kota, Korsum
Tahapan, program, dan jadwal Pilkada Sumedang 2018 telah dipublikasikan melalui penyebaran poster dan publikasi melalui media.
Menurut Ketua KPU Sumedang, Hersa Santosa, tahapan ini perlu diketahui oleh masyarakat, sehingga para calon pemilih maupun calon peserta pemilihan dapat terus mengikuti perkembangan penyelenggaraan pemilihan dan ikut berpartisipasi dalam beberapa kegiatan yang memungkinkan untuk berpartisipasi di dalamnya.
"Sebab, kegiatan pilkada 2018 yang merupakan pilkada gelombang ketiga ini, diselenggarakan secara serentak di 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten. Maka tahapan setiap daerah yang menyelenggarakan pilkada adalah sama, yakni dengan mempedomani Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal," terang Hersa, Jumat (8/9) di kantornya.
Tahapan pemilihan, kata Hersa, terdiri dari tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan. Kegiatan yang termasuk ke dalam tahapan persiapan di antaranya perncanaan program dan anggaran, penyusunan dan penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), penyusunan dan pegesahan peraturan penyelengaaraan pemilihan, sosialisasi kepada masyarakat, pembentukan PPK, PPS, dan KPPS, pendaftaran pemantau pemilihan, pengolahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan, hingga pemutakhiran data dan daftar pemilih.
"Masyarakat bisa berpartisipasi dalam beberapa kegiatan sosialisasi, mendaftarkan diri dalam pembentukan PPK, PPS, dan KPPS, dan secara aktif memantau perkembangan daftar pemilih untuk mengetahui lebih dini jika ada warga yang sudah memenuhi syarat tetapi belum terdaftar sebagai pemilih," ujarnya.
Sedangkan tahapan pencalonan, lanjutnya, yakni kampanye, laporan dan audit dana kampanye, pengadaan dan pendistribusian logistik, pemungutan dan penghitungan suara, serta penetapan calon terpilih sudah termasuk ke dalam kegiatan penyelenggaraan, yang ditutup dengan evaluasi dan pelaporan tahapan.
“Kami berharap, tahapan persiapan maupun penyelenggaraan, segala sesuatunya akan berjalan lancar. Dan kalaupun ada masalah, agar dapat dikoordinasikan dan diselesaikan dengan baik,” pungkas Hersa.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar