130 Anggota PPK Dilantik

Kota, Korsum
Sesuai dengan Pengumuman Nomor 10/PP.05.3-Pu/3211/KPU.Kab/X/2017 tentang Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Terpilih Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Serta Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Sumedang Tahun 2018, berdasarkan hasil Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang tanggal 27 Oktober 2017, yang dituangkan dalam Berita Acara Rapat Pleno Nomor 36/PP.05.3-BA/3211/KPU.Kab/X/2017, maka sebanyak 130 orang anggota PPK terpilih dari 26 kecamatan diundang untuk dilantik.
Ketua KPU Sumedang, Hersa Santosa mengatakan, anggota  PPK terpilih dan sudah dilantik ini agar menjaga netralitas sebagai penyelenggara pemilihan, jujur, memiliki integritas tinggi, tidak memilliki niat licik, serta senantiasa memegang teguh kredibilitas dalam menjalankan penyelenggaraan pilkada baik pemilihan gubernur maupun pemilihan bupati yang akan dilaksanakan secara serentak tahun 2018 mendatang.
“Jangan coba-coba berpihak pada salah satu parpol atau calon pimpinan daerah pada penyelenggaraan pilkada nanti. Karena dipundak PPK memikul tanggungjawab besar,” tegas Hersa, Minggu (29/10) saat Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Anggota di Gedung Islamic Center.
Menurut Hersa, suksesnya pemilihan kepala daerah nanti bukan hanya tanggung jawab KPU dan penyelenggara dibawahnya (PPK, PPS dan KPPS, red), melainkan juga tanggung jawab semua kalangan, baik pemerintah daerah, masyarakat dan para calon pemimpin itu sendiri yang mampu menjaga kondusifitas serta menjunjung tinggi sportifitas.
“Sehingga pilkada 2018 nanti bisa melahirkan pemimpin yang baik. dan pemimpin yang baik itu adalah pemimpin yang hanya takut kepada Allah SWT dan sayang kepada masyarakat,” tandasnya.
Sementara Sekda Sumedang, Zaenal Alimin mengapresiasi KPU Sumedang yang sudah melakukan tahapan pemilukada yang sampai saat ini sudah sampai pada tahapan pelantikan PPK.
Menurutnya, tugas yang akan diemban PPK adalah tugas mulia sehingga dalam melaknasakan tugas harus cermat, tulus dan ikhlas serta netral tanpa ada kepentingan dan intervensi dari pihak manapun.
“Tugas dan kinerja PPK sangat menentukan kondisi pemerintahan Kabupaten Sumedang untuk 5 tahun kedepan. Kalau diintervensi, apalagi diintimidasi, tentunya akan sangat mencederai tugas mulai PPK,” tegasnya.
Zaenal menuturkan, dalam pelaksanaan Pilkada waktu lalu,  KPU Sumedang mendapat prestasi yang bagus dalam tingkat partisipasi pemilih yang mencapai 80 persen lebih.
“Itu terjadi karena KPU melakukan sosialisasi yang masif dan melaksanakan tahapan pilkada dengan baik,” tuturnya.
Sementara kapasitas desk pilkada, lanjutnya, hanya bertugas melakukan pendampingan, monitoring dan pengawasan bersama KPU. Meski demikian, desk pilkada akan memfasilitasi segala kebutuhan sarana dan prasarana pilkada seperti kesekretariatan dan fasilitas lainnya.
“ Kepada para Camat, saya perintahkan untuk menyediakan semua keperluan PPK, karena kesuksesan kerja KPU dan PPK akan menghasilkan pemimpin daerah yang berkualitas,” pungkas Sekda Zaenal Alimin.**[Hendra]

Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar