Baru Dua Parpol Lolos Verifikasi Administrasi Empat Berkas Parpol Lagi Dikembalikan

 Kota, Korsum
Setelah melakukan verifikasi administrasi, Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kabupaten Sumedang harus mengembalikan lagi berkas pendaftaran empat partai politik yang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.
Sebelumnya, KPU sudah menerima berkas pendaftaran dari empat partai politik tersebut, yaitu Partai Gerindra, Perindo, PDI Perjuangan dan Hanura. “Berkas keempat partai tersebut masih kurang lengkap. Jadi, kita kembalikan untuk diperbaiki sampai masa akhir batas pendaftaran pada tanggal 16 Oktober 2017 nanti," kata Komisioner KPU Sumedang, Elsya Tri Ahaddini, Jumat (13/10), di kantornya, usai memverifikasi berkas pendaftaran Parpol.
Menurutnya, KPU tidak akan menerima berkas pendaftaran yang salah atau belum lengkap. "Kalau belum lengkap, meskipun hanya sedikit, tetap tidak kita terima. Masih harus diperbaiki, dan baru setelah lengkap bisa dikembalikan kembali ke kami,” ujarnya.
Lebih lanjut, Elsya mengatakan, hingga saat ini (Jumat 13/10), Parpol yang sudah dinyatakan clear dan mendapatkan tanda terima dari petugas pendataran KPU Sumedang, baru Partai Perindo dan PSI (Partai Solidaritas Indonesia), sementara PDIP, Gerindra dan Hanura berkasnya dikembalikan karena masih ada yang perlu diperbaiki, Selain itu ada juga partai yang sudah melakukan konsultasi yaitu PAN (Partai Amanat Nasional), PKB (Partai Kebangkitan Bangsa), dan PKS (Partai Keadilan Sejahtera) dan untuk Partai Golkar baru sebatas konsultasi karena menunggu keputusan hasil pendaftaran di pusat dan propinsi.

Elsya menjelaskan, bahwa, rata rata kesalahan partai politik dalam penyerahan berkas, yaitu keliru dalam menginput data Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). "Rata-rata permasalahannya dalam hal operasi penggunaan Sipol parpolnya. Sipol itu kan ada dua macam, yakni Sipol pengguna Parpol dan Sipol pengguna KPU. Yang di KPU untuk pengecekan data, kalau di Parpol untuk input datanya. Sementara berkas PDI Perjuangan kekurangannya yaitu ada surat pernyataan jumlah anggota yang belum ditandatangani oleh Ketua DPC PDIP Sumedang," pungkas Elsya.**[Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar