Bawaslu Jabar Minta Pemilihan Yang Berkualitas Dan Bermartabat

Kota, Korsum
Didi Komarudin dari Bawaslu Jabar meminta pemilihan daerah yang akan datang supaya  memiliki legitimasi baik proses maupun hasil dan bermartabat artinya pemilihan yang memenuhi asas luber/jujur dan adil serta tidak menimbulkan konflik dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas."artinya proses penyelenggaraan harus memenuhi derajat yang berkualitas, setiap tahapan dan sub tahapan harus dipastikan secara jujur dan adil," jelasnya dikomplek Islamik Center Sumedang Senin (30/10).
Ditempat yang sama  dalam sambutannya Sekda H. Zainal Alimin mengatakan Pemilu harus menyenangkan oleh sebab itu masyarakat harus diberikan pemahaman yang mendalam supaya tidak salah kaprah. Khusus untuk ASN, Sekda menghimbau harus vertical netral artinya tidak ada keberpihakan ke salah satu calon peserta Pilkada dan harus berlaku adil dalam pelayanan/tidak diskrimatif. ASN tidak boleh berpolitik praktis sesuai  UU nomor 5 dan PP 53 thn 2010. "Menurut pemahaman saya aturan tersebut, terkait aturan ASN yakni tidak boleh menjadi pengurus partai politik dan apabila menjadi anggota/pengurus partai politik maka diberhentikan dengan tidak hormat sebab politik praktis dapat menjeneralisasi netralitas. Jadi jelas bahwa ASN itu tidak boleh menjadi anggota partai politik dan tidak boleh menjadi pengurus partai politik. Selain itu Anggota ASN tidak boleh mengikuti kampanye,"tuturnya
Ia berharap dukungan dari seluruh masyarakat Sumedang untuk ikut menyukseskan  pilkada mandatang, "saya minta dukungan dan partisipasi dari masyarakat dalam memonitoring tahapan demi tahapan untuk saling melengkapai antara Panwas , Kpu dan desk pilkada," pungkasnya (F.Arif)
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar