Baznas Salurkan 1,5 Miliar

Kota, Korsum
Dalam rangka program pemberdayaan zakat, Baznas Kabupaten Sumedang menyalurkan bantuan yang diperuntukan kepada orang yang kurang mampu dengan total sebesar 1,5 Milyar rupiah. Bantuan tersebut diberikan secara simbolis oleh Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan pada kegiatan Gebyar Muharram 1439 H di Gedung Baznas Kabupaten Sumedang, Selasa (3/10).
Bantuan yang diserahkan meliputi Rp 650 juta untuk pembangunan 65 unit rumah tidak layak huni di 26 kecamatan, Rp 16 juta santunan untuk modal usaha berupa roda dagang, Rp 35 juta untuk kaki palsu, Rp 590,75 juta santunan untuk panitia pembangunan pontren, Rp 19 juta untuk modal usaha berupa domba, Rp 10 juta santunan paket sembako, Rp 60 juta santunan untuk sarana ibadah pendidikan SD, serta bantuan-bantuan lainnya.
Ketua BAZNAS Ali Badjri menyebutkan, jumlah keluarga miskin di Kabupaten Sumedang menurut data Badan Pusat Statistik Tahun 2016 mencapai 37.548 KK. Hal tersebut menurut Ali, membuktikan bahwa di Sumedang  masih banyak masyarakat yang kekurangan dan kesulitan memenuhi kebutuhan hidup mereka.
“Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan utama yang harus segerasa diselesaikan. Oleh karena itu, dari sudut pandang pemberdayaan zakat, masyarakat miskin harus diprioritaskan untuk menjadi penerima manfaat zakat,” kata Ali.
Disampaikan Ali, Baznas Kabupaten Sumedang dituntut untuk mampu mengentaskan kemiskinan sebanyak kurang lebih 375 KK. Oleh karen itu menurut Ali, perlu adanya  dukungan serta dorongan dari semua pihak dalam melaksanakan kewajiban membayar Zakta.
“Dengan terwujudnya kesadaran dan peran serta dari seluruh pihak, baik pemerintah maupun masyarakat, maka Insha Allah cita-cita Baznas dalam mewujudkan era kebangkitan zakat akan bisa tercapai melalui meningkatnya kesejahteraan maasyarakat kabupaten Sumedang di berbagai bidang,” ujar Ali.
Sementara itu Bupati Eka Setiaman mengatakan, Kegiatan Gebyar Muharram 1439 diharapkan bisa dilaksanakan secara berkesinambungan, dan dirasakan manfaatnya oleh berbagai kalangan yang berhak menerima bantuan.
“Semoga bantuan yang disalurkan dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin dan dapat dirasakan oleh warga masyarakat Sumedang untuk meningkatkan kesejahteraan serta memberi motivasi dan semangat untuk membangun kehidupan yang lebih baik,” katanya.
Menurut Eka, Baznas selama ini telah mendukung program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan. ‘’Berkat kerjasama yang baik antara Baznas dan Pemda, sisi perekonomian di Sumedang sedikit demi sedikit mengalami kemajuan,untuk itu saya harapkan supaya selalu ada sinegritas antara Baznas dan Pemda,’’ ujarnya.
Dikatakan Eka, seluruh masyarakat Sumedang diharapkan untuk bersama-sama menumbuhkan jiwa kebersamaan dan ukhuwah Islamiyah dalam kontek memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa, sebagai salah satu implementasi dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

“Mari kita bersama-sama berfikir bagaimana caranya untuk membangun Sumedang dengan berupaya untuk mengentaskan kemiskinan yang ada di Sumedang,” pungkas Eka.**[F.Arif]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar