IP Hadir di Milangkala Mekarmukti

 Buahdua, Korsum
Mungkin kebanggaan tersendiri bagi Kades Mekarmukti Kecamatan Buahdua. Sebab, acara Milangkala desa tahun ini, dihadiri langsung Ketua DPRD Sumedang Irwansyah Putra. Bahkan Irwansyah yang digadang-gadang bakal calon bupati ini, menitip pesan agar masyarakat desa tetap pertahankan budaya Milangkala.
“Saya berharap, desa ini dapat mempertahankan budaya tradisi keluhur, jangan terseret budaya lain. Tak lupa, saya juga ucapkan selamat kepada masyarakat atas terselenggaranya Milangkala ke 31, bahkan berharap pula acara ini bisa dilaksanakan secara rutin tiap tahun, “tutur Irwansyah saat memberi sambutan di acara desa itu, Jumat kemarin (29/9).
Masih ditempat yang sama, Camat Buahdua Tono Suhartono dalam sambutannya mengaku bangka kepada Desa Mekarmukti. Sebab desa tidak hanya telah melaksanakan peringatan HUT RI ke 72, tapi desa juga bisa menggelar acara Milangkala ke 31 tahun 2017 dengan kondisi aman dan lancar.
Disebutkan, Desa Mekarmukti merupakan pecahan dari Desa Citaleus yang terhitung pada tanggal 30 September 1987. Dalam kurun waktu itu, tahun 2016 desa ini baru bisa menggelar acara Milangkala ke 30, dan tahun 2017 ini desa ini juga bisa peringati Milangkala yang ke 31.
Kepala Desa Mekarmukti Juhari Surya Brata mengatakan, sejak di tetapkannya Mekarmukti menjadi salah satu desa di Kecamatan Buahdua. Desa ini  sudah 2 kali peringati Milangkala yakni di tahun 2016 dan tahun 2017 ini.
“Saya secara pribadi merasa bangga,  sebab desa ini tercatat dalam sejarah Kecamatan Buahdua. Alhamdulillah berkat bantuan para tokoh masyarakat, pemuda dan agama serta semua perangkat dan lembaga desa, kita dapat melaksanakan acara Milangkala yang ke dua kalinya,” tutur kades.

Ditambahkan ketua panitia Jajang, didamping Kaur Umum Elawati, mengatakan, Desa Mekarmukti masa lalu dan masa kini sudah jauh berbeda. Masyarakatnya lebih maju dan tetap berpegang kepada kepercayaan tradisi seperti gotong royong, seni budaya warisan leluhur sehingga tidak tergerus budaya luar.**[indang]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar