Aisyiyah Sumedang Peduli Kesehatan Perempuan


Kota, Korsum
Peringatan hari peduli kanker payudara dan kanker serviks atau biasa disebut Pink Blue Day merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan melalui program Maju Perempuan Indonesia Untuk Penanggulangan Kemiskinan (MAMPU) Aisyiyah Kabupaten Sumedang.
Ketua Pengurus Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Sumedang, Hj. Isni Supriyati mengatakan, Pink Blue Day merupakan bulan peringatan kepedulian kanker. Warna pink dijadikan ikon kepedulian sedangkan blue merupakan ikon warna terhadap kanker serviks dan kanker payudara.
 “Aisyiyah merupakan organiasi perempun yang memiliki perhatian pada isu-isu kesehatan perempuan miskin serta melakukan pelayanan kesehatan melalui pemberdayaan, baik di komunitas ataupun di masyarakat,” katanya. Sabtu (28/10). di Gedung Negara
Menurut Isni, penyakit kanker serviks dan kanker payudara merupakan dua penyakit yang menyebabkan kematian terbanyak pada perempuan. Karena itu, salah satu cara untuk mencegah penyakit tersebut adalah adanya kesadaran keluarga dan juga masyarakat untuk melakukan pemeriksaan IVA/PapSmear dan Sadanis (Periksa Payuda Klinis).
Dikatakan Isni, kegiatan yang bertemakan Keluarga Peduli Kanker Serviks dan Kanker Payudara ini, bertujuan untuk mengkampayekan pentingnya melakukan deteksi dini kanker serviks dan Kanker payudara melalui IVA dan Sadanis. Selain itu juga untuk menjalin kerjasama dengan pemerintah melaui dinas-dinas terkait dalam membantu dan mengatasi masalah kesehatan ibu termasuk kanker serviks dan kanker payudara.
“Pink Bue Day ini diharapkan mampu menyadarkan masyarakat, khususnya kaum perempuan untuk lebih memperhatikan kesehatan reproduksinya sejak dini. Dan yang terpenting, kegiatan seperti ini merupakan cara Aisyiyah berkontribusi dengan pemerintah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat,” ujar Isni.
Sementara itu, Bupati Eka Setiawan mengatakan, Pink Blue Day yang diselenggarakan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda tersebut, diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat Sumedang. Pasalnya,  kegiatan tersebut bisa menambah pengetahuan bagi masyarakat bahwa deteksi kanker serviks maupun kanker payudara memang seharusnya dilakukan sejak dini.
Pemerintah Sumedang sendiri, lanjut Eka, selalu peduli terhadap masalah reproduksi perempuan. Ini bisa dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang diterima Pemkab Sumedang atas prestasi-prestasi yang membanggakan di bidang kesehatan.
“Saya yakin, kegiatan seperti ini turut mendukung pemerintah dalam pembangunan di bidang kesehatan secara menyeluruh, terkhusus sebagai upaya pencegahan penyakit kanker serviks dan kanker payudara di Kabupaten Sumedang. Saya menghimbau kepada kaum perempuan di Sumedang untuk segera memeriksakan kesehatannya melalui IVA dan Sadanis. Semakin cepat terdeteksi, maka semakin besar kemungkinan untuk sembuh,” pungkas Eka.
Kegiatan Pink Blue Day dibuka secara langsung oleh Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan dan dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi peduli kanker serviks dan payudara oleh Bupati Eka, Ketua TP-PKK Kabupaten Sumedang Hj. Hanne Budhi Eka Setiawan, anggota DPRD, unsur SKPD, ketua PDA Kabupaten Sumedang, Hj. Isni Supriyati, S.Sos serta perwakilan Aisyiyah Jawa Barat.**[Hendra]

Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar