KPU Buka Pendaftaran Calon Anggota PPK Dan PPS

Kota, Korsum
Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 12 Tahun 2017 tentang Jadwal dan Tahapan Pemilihan Kepala Daerah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumeda membuka pendaftaran penyelenggara Pilkada untuk  anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) secara terbuka. Pendaftaran dimulai tanggal 12 Oktober sampai dengan tanggal 11 November 2017
Menurut Komisioner KPU Sumedang Divisi Hukum, SDM, dan Partisipasi Masyarakat, Elsya Tri Ahaddini, terkait aturan baru tersebut, batas usia minimal anggota PPK, PPS, dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada pilkada serentak tahun 2018 mendatang, paling rendah berumur 17 tahun dan berpendidikan serendah-rendahnya Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau sederajat.
“Sebelumnya kan untuk menjadi penyelenggara pemilu atau pilkada di tingkat kecamatan, desa, dan tempat pemungutan suara (TPS) minimal harus berusia 25 tahun," katanya, Jumat (13/10).
Elsya menambahkan, selain usia paling rendah 17 tahun, calon anggota PPK, PPS dan KPPS yang masih sekolah di SLTA juga bisa iktu mendaftar, hanya saja harus menyertakan surat keterangan dari lembaga pendidikan formal yang menyatakan bahwa yang bersangkutan sedang menjalani pendidikan sekolah.
"Kecuali itu juga, dengan aturan baru ini calon anggota PPK tidak perlu lagi meminta rekomendasi dari pemerintah kecamatan. Sekarang dilakukan secara terbuka. Jadi, bisa secara langsung mendaftar ke KPU," tandasnya.
Namun begitu, lanjut Elsya, untuk jumlah anggota PPK dalam penyelenggaraan pilkada  tahun 2018 nanti masih tetap lima orang. Sedangkan anggota PPK untuk pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang jumlahnya hanya tiga orang, sesuai dengan UU tentang Pemilu.
"Tapi bagi yang sudah pernah menjadi panitia adhoc sebanyak dua kali, baik itu PPK, PPS maupun KPPS, tidak diperkenankan lagi mengikuti rekrutmen dalam pilkada 2018 ini," ujarnya.
Jumlah anggota PPK di 26 kecamatan sebanyak 130 orang, anggota PPS yang tersebar di 277 desa/kelurahan berjumlah 831 orang, sedangkan anggota KPPS yang bertugas di 2010 TPS berjumlah 14.070 orang. Total jumlah penyelenggara pilkada Sumedang tahun 2018 dari tingkat kecamatan sampai TPS sebanyak 15.031 orang.

“Sampai hari ini, Jumat (13/10) pukul 15.23, jumlah pendaftar seleksi PPK sebanyak101 orang dan PPS sebanyak 32 orang. Dan hampir bisa dipastikan, 90 persen anggota penyelenggara Pilkada nanti merupakan wajah baru,” pungkas Elsya.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar