Launching Pilkada Melalui Gerakan Sadar Pemilihan

Kota, Korsum
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang melakukan sosialisasi Gerakan Sadar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2018 melalui Gerak Jalan Sehat, Minggu (29/10) di Alun-alun Sumedang. Gerak jalan sadar pemilihan serentak 2018 ini merupakan pijakan awal untuk membangun gerakan sadar pemilihan (GSP).
Ketua KPU Kabupaten Sumedang, Hersa Santosa mengatakan, pemilihan serentak 2018 merupakan pemilihan serentak gelombang ke 3 sejak dimulainya pemilihan serentak pada tahun 2013 lalu.
Menurut Hersa, terdapat 171 daerah yang akan mengikuti pemilihan serentak tahun 2018, terdiri dari 17 Provinsi, 39 Kota, dan 115 Kabupaten, karena penyelenggaraan pemilihan serentak 2018 beririsan dengan pemilu serentak 2019.
“Tak dapat dipungkiri, suhu politik tahun 2019 nanti akan lebih hangat dibanding pemilu serentak tahun 2013 dan 2018. Penyelenggaraan pemilu di semua tingkatan harus mengelola setiap tahapan secara profesional dan berintegritas serta memberikan pelayanan yang adil dan setara kepada semua peserta pemilih," ungkapnya.
Secara berkelanjutan, kata Hersa, KPU menginginkan semua elemen bangsa bersinergi, berkolaborasi dan bergerak bersama dalam menyadarkan masyarakat bahwa pemilu/pemilihan sebagai sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat.
“Sebab, pilihan mereka dibilik suara yang hanya 5 menit itu, bakal mempengaruhi kebijakan politik di daerah untuk lima tahun kedepan,” ujarnya.
Sementara itu, Bupati Eka Setiawan menyampaikan apresiasinya terhadap KPU atas penyelenggaraan Gerak Jalan Sehat yang merupakan tahapan awal pemilihan serentak 2018, sebagai upaya sosialisasi kepada masyarakat agar dapat melaksanakan hak konstitusioanalnya secara rasional, cerdas, mandiri dan penuh tanggung jawab.
Bupati mengharapkan, pilkada 2018 ini Sumedang tetap kondusif, pilihlah pemimpin baik yang mempunyai program dan cita-cita bagus serta bisa terus membangun Sumedang kearah yang lebih maju.
Saya tidak menginginkan terjadi perselisihan diantara masyarakat. Biarlah calon figur atau calon pemimpin yang bertarung di pilkada nanti, tapi para pendukungnya harus tetap hidup aman dan damai. Tak perlu ada gontok-gontokan antar pendukung," pungkas Eka.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar