25 November, KPU Mulai Terima Syarat Dukungan Jalur Perseorangan

Kota, Korsum
Jelang dibukanya pendaftaran pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil dari jalur perseorangan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumedang menghimbau agar para paslon segera melengkapi persyaratan sesuai peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan.
Hal itu dikatakan Kepala Divisi Teknis KPU Sumedang, Junan Junaedi. Bahwa para paslon segera melengkapi administrasi persyaratan Peraturan KPU nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan. Sementara penyerahan dokumen persyaratan dari paslon akan mulai diterima di kantor KPUD Sumedang mulai tanggal 25 sampai 29 November 2017 nanti.
“Kita menghimbau agar para paslon segera melengkapi administrasinya, karena penyerahan dokumen persyaratan sudah tinggal beberapa hari lagi,” tuturnya, kepada Korsum, Rabu (15/11).
Sedangkan mengenai persyaratan dari paslon, lanjutnya, berisi syarat dukungan pasangan perseorangan, dengan formulir B 1 KWK (Surat pernyataan dukungan), hard copy dan soft copy-nya. “Sesuai syarat minimal mempunyai dukungan masyarakat yang dilengkapi dengan potokopi KTP elektronik minimal berjumlah 62.859 dukungan, dan minimal tersebar di 14 kecamatan se-Kabupaten Sumedang. Dan rekap dukungan diunggah di Silon (sistem informasi pencalonan) KPU,” jelasnya.
Setelah menerima syarat dukungan, kata Junan, yang pertama kali akan dicek oleh KPU saat penyerahan dokumen dukungan adalah jumlah minimal dan sebarannya. Dan KPU akan melakukan analisis kegandaan dengan Silon, setelah itu berkas dukungan akan diserahkan ke PPS untuk dilakukan verifikasi faktual. “Setelah diverifikasi faktual akan direkap di tingkat kecamatan. Apakah ditolak atau diterima dukungannya itu. Kemudian direkap di tingkat kabupaten,” ujarnya.
Junan mengatakan, apabila ada kekurangan jumlah dukungan atau tidak memenuhi syarat, KPU akan memberikan waktu perbaikan selama tiga hari. Kemudian jika ada kekurangan jumlah dukungan, maka dimasa perbaikan pasangan calon wajib mengembalikan ke KPU dengan jumlah dua kali lipat dari yang dicoret.
“Jadi nanti setelah dilakukan verifikasi faktual dan hasilnya kurang dari syarat minimal jumlah dukungan yaitu 62.859 se-Kabupaten Sumedang. Nanti kekurangannya dikali dua, misalkan kurangnya 1000, berarti paslon harus menyediakan 2000 lagi dan waktu perbaikannya hanya tiga hari,” terangnya.
Junan menegaskan, permasalahan yang kerap terjadi bagi paslon, salah satunya adalah dalam hal pengunggahan kedalam aplikasi Silon (Sistem Pencalonan). Untuk itu, sebelumnya KPU sudah melakukan sosialisasi terhadap paslon dan timnya dan juga saat ini pihaknya menyediakan Help Desk yang bisa dihubungi setiap saat.

“Yang sering menjadi kendala yaitu di KTP elektronik dan dalam pengunggahan di Silonnya. Tapi, KPU sudah melakukan sosialisasi dan membuka Help Desk pencalonan di kantor KPU Sumedang yang siap setiap saat dihubungi. Dan untuk sosialisasi sudah kami lakukan beberapa waktu lalu," pungkasnya.**[Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar