Disinyalir ada Tipikor di Pemkab dan DPRD, LSM Brantas Laporkan ke KPK

Cisitu, Korsum
Dengan bermodalkan LHP BPK RI dan sejumlah bukti lainnya, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Brantas melaporkan adanya dugaan tindak pidana korupsi di Pemerintahan Kabupaten Sumedang dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di tahun anggaran 2016.
Hal tersebut, dikatakan oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LSM Barisan Rakyat Amanat Nasional Tunduk Aparatur Santun (Brantas) Kabupaten Sumedang, Ade Supriatna, bahwa pihaknya telah mendapatkan beberapa temuan yang diduga adanya tindak pidana korupsi, sehingga dengan bukti bukti tersebut pihaknya melaporkan kepada beberapa instansi seperti, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan Agung (Kejagung), Indonesia Corruption Watch (ICW), Setjen Badan Kehormatan DPR RI dan Mabes Polri.
“Kami sudah melakukan pelaporan terkait adanya dugaan korupsi APBD tahun 2016 di tubuh Pemkab dan DPRD Sumedang,” ujarnya, kepada Korsum,  di Sekretariat Brantas, Kamis (26/10).
Ade menjelaskan, bahwa berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) tersebut banyak sekali temuan yang berindikasi korupsi. “Di LHP BPK tersebut salahsatu temuannya yaitu, 31 Desember 2016 Kabupaten Sumedang punya saldo sebesar Rp 67.910.692.325, tapi nyatanya malah punya utang ke pihak ketiga sebesar Rp 7.805.631.278, sehingga diduga ada penyimpangan atas penggunaan keuangan negara di tahun 2016 yang tidak sesuai dengan perundang–undangan yang berlaku, dan masih ada beberapa lagi temuan lainnya,” akunya.
Ade pun mengaku, telah melakukan pelaporan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) dan Polda Jabar dengan dengan dokumen pelaporan yang sama. "Seusai melakukan pelaporan tadi, saya berharap pihak terkait dapat memproses lebih jauh secara hukum terkait dengan dugaan tersebut," tandasnya.

Ade juga menegaskan, pihaknya akan mengawal terus atas semua laporan yang telah dilakukaannya. “kami akan terus kawal pelaporan tersebut, bahkan kalau memang belum ada tindak lanjut kami akan susul kembali bila perlu,” tegasnya.**[Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar