Guna Pencalonan Pilkada, Baru Satu PNS Yang Sudah Mengajukan APS

 Kota, Korsum
Menjelang Pilkada serentak 2018, para bakal calon bupati dan wakil bupati sudah melakukan berbagai sosialisasi dan mencari dukungan. Tak terkecuali bakal calon yang berasal dari kalangan birokrat pemkab Sumedang atau PNS.
Bagi bakal calon yang akan maju tanpa menggunakan kendaraan partai politik atau jalur perseorangan, sudah sejak jauh-jauh hari mereka sibuk mengumpulkan KTP dukungan menjelang pendaftaran calon perseorangan yang akan dilaksanakan pada bulan November ini. Saat ini, disinyalir ada beberapa calon yang berasal dari kalangan PNS akan ikut serta dalam Pilkada 2018.
Sementara itu, aturan bagi PNS yang akan ikut dalam proses pencalonan bupati atau wakil bupati, harus sudah mengundurkan diri pada saat KPU menetapkan calon bupati dan wakil bupati yang berhak maju dalam pemilihan kepala daerah.
 "Kita akan mengirimkan surat pemberitahuan yang ditandatangani Bupati kepada bakal calon yang saat ini masih aktif bekerja sebagai PNS dilingkungan Pemkab Sumedang. Sehingga, nantinya PNS yang ada niat untuk mencalonkan tidak melanggar aturan yang telah ditentukan," kata Kepala BKPSDM Sumedang, Endi Ruslan, beberapa waktu lalu.
Endi mengatakan, sebaiknya PNS yang akan nyabup supaya mengajukan permohonan pensiun lebih dini atau atas permohonan sendiri (APS) sejak sekarang. walaupun saat ini masih dalam tahapan sosialisasi dan belum ada aturan yang dilanggar.
“Tapi ketika kegiatannya mengganggu kinerja, jelas telah pelanggaran disiplin kerja dan PNS yang bersangkutan bisa dikenakan sanksi," terang Endi
Sejauh ini, melihat dinamika yang terjadi memang ada beberapa nama dari kalangan birokrat yang akan maju dari calon perseorangan. Tetapi, kepastiannya mungkin nanti setelah yang bersangkutan menyerahkan bukti dukungan ke KPU.
Hingga saat ini, baru satu orang PNS yang sudah mengajukan APS pensiun dini, karena memang yang bersangkutan telah memenuhi syarat usia lebih dari 50 tahun dan memiliki masa kerja lebih dari 20 tahun.

“Surat pengajuannya sudah kami terima sejak awal Oktober lalu dan suratnya sudah diserahkan kepada BKN untuk diproses. Tinggal menunggu terbit SK-nya. Yang bersangkutan memang akan mencalonkan diri di Pilkada 2018 nanti," pungkas Endi.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar