Khitanan Massal, FKPPI Gandeng IDI Dan BAZNAS

Kota, Korsum
Khitanan Massal diharapkan bisa menjadi budaya khas Sumedang. Hal tersebut disampaikan oleh Djadjat Sudrajat selaku Ketua PC Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-POLRI (FKPPI) X-10 Kabupaten Sumedang.
Khitanan massal digelar dalam rangka memperingati HUT ke-39 atas kerjasama FKPPI, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta BAZNAS, dihadiri oleh Kasdim 0610, anggota DPRD, perwakilan FKPPI Jabar, Wakil Ketua Baznas Kabupaten Sumedang, serta unsur terkait lainnya. Jajat selaku ketua pelaksana menyebutkan, tujuan dilaksanakannya kegiatan sunatan missal, selain sebagai bhakti sosial bagi masyarakat yang kurang mampu, juga bermaksud agar khitanan massal dijadikan sebagai budaya khas Sumedang.
“Jumlah anak yang dikhitan adalah 127 orang yang berasal dari tiap-tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang,” sebutnya.
Menurutnya, khitanan massal terselenggara berkat kerjasama dari berbagai pihak. Adapun dana yang dihimpun untuk kegiatan tersebut didapat dari bantuan keluarga besar FKPPI, bantuan dari PEMDA Kab. Sumedang serta BAZNAS.
“Untuk tenaga medis dan obat-obatan, kami mendapatkan bantuan penuh dari IDI, dan juga Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang,” katanya.
Menanggapi hal tersebut, Sekda Kabupaten Sumedang, H. Zaenal Alimin menyampaikan dukungannya atas keinginan FKPPI untuk menjadikan khitanan massal sebagai budaya khas Sumedang.
“Saya sebagai warga Sumedang sangat mendukung jika khitanan massal dinobatkan menjadi budaya Sumedang. Pasalnya, khitanan bukan sebagai proses memotong ujung zakar saja, melainkan sebagai syariat Islam untuk membuang sebagian kulit dari tubuh kita yang berpotensi untuk menyimpan kotoran dan juga merupakan penyempurnaan dari keIslaman,’’ ujarnya.
Dikatakan Zaenal, penyelenggaraan khitanan massal yang diselenggarakan oleh FKPPI tersebut diharapkan bisa menjadi ajang untuk meningkatkan kualitas anak-anak yang dikhitan di masa yang akan datang.

“Saya mengapresiasi inisiatif penyelenggaraan khitanan massal oleh FKPPI ini. Semoga anak-anak yang dikhitan  ini menjadi anak-anak yang soleh serta berguna bagi nusa, bangsa dan agama,” pungkasnya.**[F.Arif]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar