KPU Gelar Seleksi Tertulis Calon Anggota PPS

 Sumedang Utara, Korsum
Setelah melalui serangkaian tahapan, mulai dari pengumuman pembukaan lamaran, penerimaan berkas lamaran, dan penelitian administrasi pendaftaran, maka sesuai dengan jadwal pada Jumat (3/11), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang melaksanakan Seleksi Tertulis terhadap 1.401 orang calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang telah lolos dalam tahapan penelitian administrasi dan digelar secara serentak di Kabupaten Sumedang.
Namun demikian, kata Ketua KPU Sumedang, Hersa Santosa, pelaksanaan seleksi tertulis ini dilakukan di enam wilayah berbasisi daerah pemilihan (dapil) Pemilu. Untuk dapil I dilaksanakan di Kecamatan Jatinangor, Dapil II di Kecamatan Tanjungsari, Dapil III di Kecamatan Tanjungkerka, Dapil IV di Kecamatan Tomo, Dapil V di Kecamatan Darmaraja, dan Dapil VI di Kecamatan Sumedang Utara.
“Komisioner KPU pun dibagi dalam enam tim termasuk Sekretaris KPU,” kata Hersa usai menyerahkan lembar Soal kepada Panitia Seleksi Tertulis di Dapil VI, yang dilaksanakan di GOR Kelurahan Kota Kaler Kecamatan Sumedang Utara.
Hersa mengatakan, hasil seleksi tertulis ini akan menyaring 6 orang calon anggota PPS dari masing-masing desa dan kelurahan.
“Itupun kalau peserta dari masing-masing desa dan kelurahan lebih dari 6 orang. Kalau ada yang kurang dari 6 orang, kita lihat saja nanti hasil seleksi tertulisnya,” ujarnya.
Dari hasil seleksi tertulis ini, lanjutnya, akan dilakukan seleksi wawancara pada tanggal 6 dan 7 November, setelah sebelumnya dilakukan pemeriksaan seleksi tertulis dan pengumuman hasil seleksi tertulis.
“Nanti peserta yang lolos seleksi tertulis ini akan diwawancarai oleh PPK dan KPU dan akan diambil 3 orang dari masing-masing desa dan kelurahan. sehingga jumlahnya sebanyak 831 orang anggota PPS, yaitu 277 desa/kelurahan dikali 3 orang. wawancaranya pun tetap sama dilakukan di 6 wilayah,” terangnya.
Setelah seleksi wawancara, lanjutnya lagi, PPK dan KPU akan menetapkan calon Anggota PPS terpilih yang selanjutnya akan dilakukan pelantikan.

“Untuk pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota PPS terpilih akan dilaksanakan pada tanggal 9 – 11 November mendatang,” pungkas Hersa.**[Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar