KPU Sumedang Sesalkan Pelecehan Profesi Wartawan

Kota, Korsum
Menanggapi kejadian pelecehan terhadap profesi wartawan yang dilakukan bakal calon bupati H. Ecek Karyana pada saat konferensi pers usai menyerahkan berkas pendaftaran, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang, Hersa Santosa mengatakan tidak mengetahui apa yang telah diucapkan H. Ecek Karyana hingga para awak media merasa dilecehkan.
Hersa menyebutkan, ketika sesi konferensi pers sedang berlangsung, dirinya sedang berada di ruangan aula memeriksa para petugas penerima berkas dukungan dari pa Ecek agar tidak tercampur dengan berkas dukungan bakal calon yang sebelumnya.  "Setelah mendapat laporan dari wartawan, saya mengupayakan meminta untuk mediasi dan meminta pak Ecek mengklarifikasi pernyataannya bahkan meminta agar pak Ecek minta maaf secara resmi di depan umum sebagaimana yang diinginkan rekan-rekan wartawan," ujarnya, Senin (27/11).
Namun demikian, Hersa sangat menyesalkan peristiwa itu harus terjadi. "Padahal, KPU membuka ruang konferensi pers ini agar ada interaksi langsung antara bakal calon dengan awak media soal visi misi atau program kerja yang akan dilakukan untuk membangun Sumedang kedepan yang nantinya akan diinformasikan kepada masyarakat melalui medianya," jelasnya.
Tetapi, kata Hersa, kejadian ini menjadi pembelajaran bagi KPU agar hal serupa tidak terulang kembali. "Kami akan melakukan evaluasi menyeluruh sehingga pelaksanaan tahapan pilkada ini bisa berjalan kebih baik lagi, "katanya.
Ketika ditanya kenapa KPU tidak menghentikan pidato pak Ecek yang semakin ngelantur kamana karep, sekali lagi Hersa mengatakan, ia tidak tahu persis apa yang disampaikan pak Ecek. Tapi memang seharusnya ada yang mengingatkan pak Ecek kalau ucapannya sudah keluar dari tujuan kedatangannya ke KPU.
"Bahkan wartawan pun berhak meng-cut pidato pak Ecek tadi dan harus fokus terhadap program bakal calon bupati yang ditawarkan ke masyarakat melalui media," terang Hersa.**[hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar