Penilaian Kabupaten Sumedang Sehat Klasifikasi Wistara

Kota, Korsum
Pembangunan kesehatan dalam RPJMD Kabupaten Sumedang Tahun 2013-2018 merupakan sektor prioritas, sehingga pemerintah terus berupaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui berbagai program yang terencana dan berkesinambungan.
Terkait dengan penyelenggaraan Kabupaten Sehat, pada Tahun 2013 lalu Kabupaten Sumedang  meraih pengharagaan sebagai Kabupaten Sehat untuk klasifikasi Padapa dan tahun 2015 klasifikasi Wiwerda untuk 4 tatanan, yaitu kawasan permukiman sarana dan prasarana umum, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, kawasan hutan sehat, serta kawasan pangan dan gizi.
Menurut Ketua Paguyuban Sumedang Sehat, Drs. H. Erdi Suhaya, Penyelenggaraan Kabupaten Sehat di Kabupaten Sumedang telah dilaksanakan sejak tahun 2007, sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Sehat.
“Karena itulah Pemkab Sumedang bersama-sama dengan masyarakat mendirikan Paguyuban Sumedang Sehat untuk bersama-sama mewujudkan Sumedang Sehat dengan klasifikasi Wistara,” katanya.
Erdi menuturkan, tatanan klasifikasi Wistara Kabupaten Sumedang Tahun 2017 mencakup kawasan permukiman sarana dan prasarana umum, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, kawasan hutan sehat, kawasan pangan dan gizi serta kehidupan sosial yang sehat.
“Klasifikasi Wistara 2017 Kabupaten Sumedang Sehat yang dinilai adalah Kawasan Permukiman sarana prasarana umum dan kehidupan masyarakat sehat dan mandiri dilaksanakan di Desa Naluk Kecamatan Cimalaka serta SMK Situraja, kawasan hutan sehat Tahura Gunung Kunci, ketahanan pangan dan gizi di desa cilembu dengan ubi Cilembu sebagai makanan unggulan, serta kehidupan sosial yang sehat masyarakat di Sumedang,’’ tuturnya.
Bupati Sumedang Eka Setiawan mengatakan, Pemkab Sumedang terus berupaya berbenah diri, berkoordinasi dengan OPD terkait serta melaksanakan berbagai macam program kesehatan sebagai bentuk komitmen bersama antara pemerintah dengan masyarakat. Sehingga pada tahun 2017 ini Sumedang dapat kembali meraih penghargaan sebagai kabupaten sehat.
“Mudah-mudahan, kehadiran tim penilai verifikasi kabupaten sehat di Sumedang dapat memberikan banyak masukan untuk mendapatkan penilaian yang sempurna,” ujar Eka usai  menerima Tim Penilai Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Pusat Tahun 2017, beberapa waktu lalu.
Sementara itu, perwakilan dari Tim Verifikasi Pusat, Sofwan MT menyebutkan, tugas dari tim penilai verifikasi kabupaten/kota sehat adalah mengkaji kabupaten/kota sehat yang akan diberikan penghargaan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat setiap 2 tahun sekali.

“Dalam penyelenggaraan kabupaten/kota sehat biasanya terdapat beberapa unggulan yang diusung oleh kabupaten/kota masing-masing. Pada tahun 2017 ini, kami mencoba memverifikasi 170 kabupaten/kota yang ada di seluruh Indonesia untuk penyelenggaraan kabupaten/kota sehat. Dan Kabupaten Sumedang menjadi salah satunya,” pungkasnya.[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar