Sisa Penyertaan Modal PDAM, Cair November

Kota, Korsum
Pemda Sumedang belum penuhi kewajibannya 100% dalam memberikan dana penyertaan modal kepada PDAM Tirta Medal. Namun November ini dipastikan sisa dana penyertaan modal untuk PDAM ini cair dari anggaran perubahan APBD Sumedang tahun 2017.
Penggantian dana penyertaan modal PDAM, akan cair dana pusat program MBR ke Pemda Sumedang sekitar Desember 2017. Sebab, syarat dana program MBR dari pusat itu akan cair ke Pemda, setelah dana penyertaan modal PDAM terealisasi 100% yang dibuktikan dengan SP2D.
Sinyal akan cairnya dana pusat itu, belum lama ini, Direktur PDAM Tirta Medal didampingi Plt Asisten Pembangunan Setda Sumedang selaku Ketua Dewan Pengawas PDAM yang juga Ketua Project Implementation Unit (PIU), telah  lakukan Penandatangan Hibah Daerah (PHD) program MBR di Jakarta.
PDAM sudah melaksanakan program Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang  saat ini sudah dilakukan verifikasi. Sementara  yang memenuhi syarat hasil verifikasi itu sekitar 2083 SL, bahkan Pemda Sumedang akan mengajukan uji petik ke BPKP melalui Ketua Project Implementation Unit (PIU),” ujar Asisten Pembangunan H. Amim, di ruang kerjanya, Kamis (9/11).
Bantunan dana program MBR itu akan masuk kas Pemda Sumedang sebagai pengganti dana penyertaan modal yang telah diberikan kepada PDAM. Dalam Perda, Pemda Sumedang punya kewajiban memberi dana penyertaan modal kepada PDAM sekitar Rp 4,6 miliar.
Namun, lanjutnya, Pemda belum memberikan penyertaan modal 100% kepada PDAM yang hingga samapi saat ini masih ada sisa Rp 3,2 miliar. Dipastikan sisa dana penyertaan modal PDAM itu akan direalisasikan sekitar November ini ketika Perubahan Anggaran (APBD) 2017 disahkan.

Kabag Humas PDAM, Uus Rusli, saat dihubungi via Hp-nya, menyebutkan, belum bisa memberi jawaban soal dana penyertaan modal PDAM. Sebab, katanya, sedang sibuk kegiatan di Jakarta, Kamis (9/11).**[yf saefudin]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar