Sumedang Ingin Jadi Tuan Rumah Cabor Paralayang Asian Games 2018

Sumsel, Korsum
Dengan segala potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Sumedang untuk menggelar olahraga Paraglyding, Bupati Sumedang H. Eka Setiawan berharap Sumedang dapat menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan olahraga kedirgantaraan tersebut pada Asian Games 2018 mendatang.
Didasari tersedianya lokasi untuk menggelar pertandingan olahraga Paralayang yang terletak di Kampung Toga Sumedang Selatan dan daerah Batudua Kecamatan Cisitu yang pernah dipakai pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat 2016 beberapa waktu lalu.
"Semoga pada ajang Asean Games 2018 nanti, kedua lokasi milik kita itu juga dapat dipilih, khususnya untuk menggelar pertandingan Lintas Alam (Cross Country) Paralayang," ujar Eka, Selasa (21/11), usai penutupan Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (PORDA) dan Kejuaraan Daerah 2017 Paralayang di kawasan Kampung Toga Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan.
Salah seorang Pengurus Daerah Olahraga Paralayang Jawa Barat, Darmawan Sirin mengakui, khusus untuk pertandingan Lintas Alam Paralayang pada Asian Games 2018, Kabupaten Sumedang dinilai mempunyai potensi untuk terpilih sebagai lokasi penyelenggaraan event tersebut karena memiliki Kampung Toga dan Batudua yang fenomenal dan telah dikenal luas ke mancanegara.
"Berdasarkan informasi, sampai saat ini kawasan puncak Kabupaten Bogor akan menjadi lokasi tempat penyelenggaraan pertandingan Lintas Alam Paralayang. Tapi yang saya dengar, banyak juga para calon peserta dari indonesia maupun mancanegara menginginkan agar pelaksanaan pertandingannya diselenggarakan di sini (Sumedang)," ungkapnya.
Menurut Darmawan, jarang sekali di sebuah kabupaten/kota memiliki dua lokasi yang representatif untuk menggelar sebuah pertandingan Lintas Alam Paralayang.
"Tapi Kabupaten Sumedang memiliki Kampung Toga dan Batudua yang fenomenal dengan alamnya yang sangat luar biasa untuk menggelar pertandingan Lintas Alam Paralayang. Dan ini sangat jarang sekali ada dua lokasi Lintas Alam dalam sebuah kabupaten," ujarnya.
Darmawan pun berharap, semoga saja pada ajang Asian Games 2018 mendatang, kedua lokasi di Sumedang ini dapat dijadikan tempat penyelenggaraan pertandingan Lintas Alam Paralayang.
Terkait Babak Kualifikasi Porda dan Kejurda 2017 yang diikuti 102 orang peserta dari 15 kabupaten/kota di Jawa Barat yang sudah diselenggarakan selama tujuh hari di Kampung Toga Sumedang Selatan.
Sampai hari ini Kabupaten Sumedang berhasil meraih 2 medali Emas, 2 Perak dan 3 Perunggu dari berbagai nomor pertandingan yang diselenggarakan.**[hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar