Cibuluh ‘Guar Sejarah’

Ujungjaya, Korsum
 Kegiatan 'Guar Sejarah' mewarnai puncak rangkaian kegiatan milangkala ke-43 Desa Cibuluh Kecamatan Ujungjaya, yang bertema Cibuluh Maju dan Makmur, Senin (27/11). 
Selain 'Guar Sejarah', milangkala Desa Cibuluh juga diisi berbagai kegiatan lainnya yang dimulai pada Senin (20/11) hingga Senin (27/11) .
"Rangkaian kegiatan diawali dengan lomba cerdas cermat antar Sekolah Dasar yang ada di Desa Cibuluh pada Senin (20/11) lalu. Sebanyak tiga SD Negeri mengikuti kegiatan tersebut. Diantaranya, SD Cibuluh, SD Pande dan SD Cipanas," ujar Kepala Desa Cibuluh, Sukirman didampingi Sekretaris Desa Jojon Dulpaja , kepada wartawan Senin (27/11).
Dikatakan Sukirman,selain lomba cerdas cermat, dibidang pendidikan rangkaian kegiatan milangkala Desa Cibuluh juga diisi oleh lomba mewarnai untuk tingkat PAUD dan TK. "Panitia juga mengadakan kegiatan lomba pidato. Seluruhnya diikuti oleh para pelajar warga Desa Cibuluh," tandasnya.
Dikatakan, puncak dari kegiatan Milangkala Desa Cibuluh ke-43 dilakukan selama dua hari, yaitu, Minggu-Senin (26-27/11).
Ia mengatakan, pada Minggu (26/11) diisi oleh beberapa kegiatan. Diantaranya, turnamen bola voli umum, gerak jalan sehat, bazar dari tiap RW di Desa Cibuluh dan kreasi seni yang menampilkan berbagai macam grup musik yang ada di Desa Cibuluh.
"Kegiatan Kreasi seni diisi oleh berbagai grup, seperti, grup band, dangdut, Seni Sunda ataupun grup lainnya yang ada di Desa Cibuluh. Panitia hanya menyediakan alat musik, sound system dan panggung saja," terangnya.
Disebutkan Sukirman, pada Senin (27/11), kegiatan yang dilakukan lebih padat dan ramai lagi. Diantaranya, lomba tumpeng antar RT sebanyak kurang lebih 41 RT kemudian tumpeng tersebut diarak, khitanan massal kepada 13 orang anak dan pembagian hadiah bagi pemenang berbagai lomba.
"Selain itu, ada juga pemberian penghargaan bagi para kepala desa dan perangkat desa Cibuluh sejak mulai berdiri di tahun 1974 hingga 2017. Penghargaan diberikan kepada pribadinya secara langsung atau pun kepada keluarganya bagi mereka yang sudah meninggal," tegasnya.
Terpisah, Camat Ujungjaya, Didin Hermawan, mengapresiasi kegiatan milangkala Desa Cibuluh ke-43. Didin turut bergembira dan memberi selamat kepada seluruh perangkat desa, panitia, para tokoh masyarakat serta Karang Taruna Desa Cibuluh.

Didin berharap antara perangkat desa, para tokoh dan masyarakat bisa meningkatkan sikap 'Silih Asih, Silih Asah, Silih Ajenan (SASAJEN) dan silih rojong. "Guna terwujudnya ngaheuyeuk dayeuh ngolah nagara diwewengkon Desa Cibuluh Kecamatan Ujungjaya," tukasnya. **[F.Arif]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar