Dari Tujuh Kandidat Balonbup Jalur Perseorangan Hanya Tiga Penuhi Persyaratan

Kota, Korsum
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang, pastikan hanya tiga dukungan bakal calon (Bapaslon) Perseorangan yang memenuhi persyaratan. Ketiga Pasangan calon tersebut yakni, jumlah dukungan Setya Widodo-Sonia Sugian dengan jumlah dukungan 64.031, Ecek Karyana-Tatang Sudrajat dengan jumlah dukungan 63.047 dan Zaenal Alimin-Asep Kurnia dengan jumlah dukungan 71.270.
Sementara untuk H. Uteng Nurhayat-Djaka Abdurrahman, Ade Guntara Ardi-Moch Saepudin, Kardiat S.Pd-Yosep Rohimas dan Iman Permana-Oom Supriatna, sampai akhir batas penyerahan berkas dukungan yaitu 29 November jam 24.00 WIB tidak kunjung memberikan syarat dukungan.
Menurut Kepala Divisi Teknis KPU Sumedang, Junan Junaedi, bahwa saat ini KPU Sumedang sudah menyelesaikan tahapan penyerahan syarat dukungan calon yang dimulai dari 25-29 November 2017. Dari 7 kandidat bakal calon yang mengambil password dan username Sistem informasi Pencalonan (Silon) tersebut, hanya 3 pasangan yang memenuhi persyaratan.
Junan mengatakan, untuk proses selanjutnya setelah penyerahan persyaratan syarat dukungan, tahapan selanjutnya yang dilakukan KPU adalah verifikasi administrasi hingga tanggal 8 Desember 2017.
"Nanti diproses administrasi, syarat dukungan tersebut akan diperiksa kembali. Pemeriksaan tersebut untuk memastikan apakah ada atau tidaknya kegandaan, baik internal ataupun eksternal. Dan kalau ada internal itu otomatis kita coret, sementara yang eksternal nanti akan ditanyakan langsung ke masyarakat dalam verifikasi faktual,” tegasnya, kepada Korsum, Kamis (30/11).
Sesudah verifikasi administrasi, lanjutnya lagi, tahap selanjutnya adalah penyerahan syarat dukungan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk dilakukan verifikasi faktual ditingkat desa. "Nanti saat verifikasi faktual, PPS akan door to door ke masyarakat untuk menanyakan secara langsung, apakah mendukung atau tidaknya terhadap pasangan calon tersebut.
Apabila ternyata ada kegandaan dengan pasangan calon lainnya, kata Junan, nanti akan ditanyakan mendukung yang mana, dan disitu kalau menyatakan tidak mendukung, akan otomatis dicoret. Kemudian apabila ada salahsatu dukungan di satu tempat banyak, nanti akan di bantu oleh RT atau RW setempat.
Junan menambahkan, setelah proses verifikasi faktual, nanti hasilnya akan diumumkan terhadap masing-masing calon, dan apabila nanti dari hasil verifikasi faktual tersebut ada salahsatu calon yang kekurangan, nantinya akan ada waktu untuk perbaikan dan setiap kekurangan syarat dukungan tersebut pasangan calon harus mengganti dua kali lipat dari kekurangan.

“Jadi, kalau nanti selesai verifikasi faktual dan ada pasangan calon yang kekurangan. Pasangan tersebut harus mengganti dua kali lipat dari kekurangannya,” pungkasnya.**[Acep Shandy]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar