Otong Dartum Dilaporkan ke Gakkumdu

Kota, Korsum

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sumedang Otong Dartum, dilaporkan ke Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) kantor Panwas Kabupaten Sumedang, oleh Bakal calon Wakil Bupati dari jalur perseorangan Sonia Sugian, Kamis (28/12).

Pemicu pelaporan tersebut, dimana sebelumnya Otong Dartum sempat  menyatakan bahwa dukungan beberapa ketua PAC Demokrat ke Sonia Sugian atas dasar pemaksaan .

"Saudara Otong Dartum telah mengatakan bahwa saya melakukan pemaksaan ke sejumlah ketua PAC untuk memberikan dukungan. Makannya hari ini saya bersama rekan PAC sekarang ke Gakkumdu untuk melaporkan PLt DPC Demokrat Sumedang tersebut" tegas Sonia.

Sonia juga mengatakan, pihaknya telah memberi kesempatan kepada Otong untuk meminta maaf secara terbuka. Namun karena tidak menunjukan adanya itikad baik, pihaknya akhirnya mengambil jalur hukum.

"Langkah hukum ini saya tempuh, karena sudah saya kasih kesempatan untuk meminta maaf, tapi dia (Otong Dartum) tidak menunjukkan itikad baik" ucapnya.

Lebih jauh Sonia menjelaskan, awal mula perselisihan tersebut terkait adanya dukungan sekitar 17 DPAC terhadap dirinya. Namun ke esokan harinya Otong membantah dukungan 17 PAC Demokrat terhadap Sonia tersebut. Dan Otong menyampaikan jika dari 17 PAC tersebut, hanya beberapa yang masih masuk kedalam anggota partai. Sementara yang lainnya hanyalah mantan PAC Demokrat.
"Beliau menyatakan sudah mengklarifikasi dan ada unsur paksaan. Kalau memang itu mantan Ketua PAC, pada faktanya mereka masih memegang SK," pungkasnya.

Sementara itu Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Pemilu pada Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sumedang, Ade Sunarya, yang juga tergabung dalam Sentra Gakkumdu mengatakan, saat ini pihaknya telah menerima laporan atasnama Sonia Sugian merupakan berstatus sebagai Bakal Calon Bupati Sumedang.
"Kita akan kaji terlebih dahulu selama 1x24 jam, dan setelah itu, saudara pelapor akan di undang kembali untuk membubuhkan tandatangan dalam form A1 penerimaan laporan," jelasnya.

Ade juga menambahkan, tim Gakkumdu yang terdiri dari unsur Panwas, Kejari dan Polres Sumedang akan mengkaji terlebih dahulu sehingga kedepannya dapat  ditentukan, apakah laporan tersebut masuk kedalam ranah Pidana murni atau Pidana Pemilu.


Ketika sejumlah media mencoba menkonfirmasi Ketua DPC Partai Demokrat Sumedang, Otong Dartum,  terkait masalah tersebut, Otong enggan untuk memberikan keterangan.**(Acep Shandy) 
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar