Rp 13,5 Jt Bantuan Rutilahu, harus Tuntas Desember Ini

Tanjungmedar, Korsum
Belum lama ini, Desa Sukatani Kecamatan Tanjungmedar mendapat giliran bantuan program Rutilahu dari 2 desa yang sama-sama dapat program itu, yakni Desa Kertamukti dan Desa Wargaluyu. Penerima setiap desa sebanyak 18 KK dengan anggaran sekitar Rp 13,5 juta per-KK.
Seperti diutarakan Kades Sukatani, Nono Suwarno. Dengan adanya Rutilahu ini, kata dia, desa mengadakan sosialisasi terhadap penerima bantuan yang difasilitator Babinsa Desa Sukatani Koptu Teteng Sutisna. Sebab, program Rutilahu ini berkerjasama dengan Kodam III Silawangi.
“Yang berhak menerima program Rutilahu, harus jelas dulu keberadaannya bahwa warga itu benar-benar layak diberi bantuan Rutilahu dan setiap penerima akan diberi bahan material seharga Rp 13,5 juta,” jelas kades di lokasi, Selasa (28/11).
Desa dan Babinsa, lanjutnya, hanya pengawas dan keuangan ditransfer langsung dari pusat ke perusahaan material yang ditunjuk pemerintah desa dan pelaksana lapangan (TPK)  yang juga anggota LPMD. Desa Sukatani menunjuk PD. OL (Oya Lamping) sebagai penyedia bahan material.
Menurut Peltu Asep Batuud Koramil Tanjungkerja didampingi Babinsa Koptu Teteng Sutisna saat ditemui koran ini di kantornya, Selasa (28/11) menegaskan, program Rutilahu harus selesai hingga Desember 2017. Sebab, Pemprov Jabar sudah teken MoU dengan Pangdam III Siliwangi dalam pelaksanaan.
“Sebagai pengawas dan fasilitator, Pangdam III Siliwangi menugaskan kepada Komando Resort Militer 062 Tarumanagara dan ditindaklanjuti Komando Distrik Militer 0610 Sumedang ke Komando Rayon Militer dan para Babinsa di masing-masing desa yang bersangkutan,” tandasnya.
Ditambahkan Koptu Teteng Sutisna masih ditempat yang sama menyebutkan, program rutilahu 2017 merupakan hasil pengajuan dari para Kepala Desa melalui proposal yang ditujukan kepada Pemda Kabupaten Sumedang yang di tindak lanjuti oleh Pemda Sumedang ke tingkat Provinsi Jabar.
“Setelah disetujui oleh tingkat provinsi maka disampaikan ke tingkat kabupaten, kecamatan dan ke desa yang bersangkutan. Kecamatan Tanjungkerta sebanyak 6 desa dapat Rutilahu dengan masing-masing desa sebanyak 18 KK, dengan anggaran yang sama yakni Rp 13,5 juta,” ujarnya.
Dibenarkan Kepala Desa Cigentur Kecamatan Tanjungkerta Hj. Eti Rohaeti saat ditemui dikantornya, Rabu (29/11). Cigentur kata dia, salah desa penerima bantuan Rutilahu sebanyak 18 KK dengan masing-masing anggaran Rp 13,5 juta per-KK.

“Penerima Rutilahu benar-benar hasil seleksi dan musyawarah sehingga layak menerima bantuan pemerintah pusat itu. Desa dan Babinsa sebagai pengawas lapangan dan masalah keuangan ditransper langsung ke toko bangunan,” ujarnya.**[indang]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar