Anggota DPR RI Minta Kawasan Jatigede Diperjelas Zonasinya

 Jatigede, Korsum
 Anggota Komisi XI DPR RI Maruarar Sirait menilai Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang harus menjadi kawasan yang jelas zonasinya. Tata ruang harus diatur dengan baik dan jelas dalam menentukan lokasi wisata religi, kuliner dan wisata sekitar genangan.
"Itu merupakan kesempatan yang baik dan penataannya harus dilakukan dari awal. Jangan sampai pembangunan sporadis, hingga berujung menjadi semrawut,” ujarnya, saat menghadiri Festival Kesenian Buhun di Jatigede.
Bang Ara sapaan akrab Maruarar Sirait menambahkan, lahan yang ada di sekitar genangan waduk Jatigede harus dipetakan secara legal payung hukumnya harus jelas mana yang menjadi kewenangan Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa.
"Kepastian hukum, investasi dan pemberdayaan masyarakat harus ada, penting memberikan kepastian kepada investor yang datang dan memberdayakan masyarakat," katanya.
Sehingga, kata ia, mindset Revolusi Mental yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo harus sampai ke wilayah-wilayah dalam hal kepastian hukum. Sehingga, investor penting mendapatkan kepastian hukum tapi pemberdayaan masyarakat sekitar pun harus menjadi prioritas.
"Kami akan perjuangkan dengan berbagai program-program, seperti pelatihan permodalan penempatan-penempatan marketnya," tentunya.
Tidak hanya itu, kata ia, kebersihan di sekitar Waduk Jatigede harus diperhatikan karena sering menjadi tempat rekreasi para seniman. "Jika difasilitasi, maka seniman bukan hanya latihan saja. Melainkan mereka bisa pentas atau manggung yang sudah pasti segala sesuatunya pun meski dipersiapkan, Saya mendukung apa pun kegiatan yang orientasinya peningkatan potensi seni dan kebudayaan,” ujar Maruarar. 
Ia mangaku, potensi yang ada di waduk Jatigede cukup bagus. Sehingga,  dibutuhkan persiapan dan langkah-langkah yang nyata. Salah satu yang harus dipersiapkan yakni jalan yang memadai menuju Waduk Jatigede, termasuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) warga setempat. “Kami akan sampai permasalahan ini kepada menteri pariwisata dan Pemda Sumedang agar memberikan perhatian," ujarnya.**[F.Arif]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar