Sumedang Raih Swastisaba Wistara Kabupaten Sehat 2017

Kota, Korsum
Akhirnya Pemerintah Kabupaten Sumedang meraih gelar Kabupaten Sehat, setelah Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan RI secara resmi menganugrahi Swastisaba Wistara, sebagai salah satu Kabupaten Sehat dengan tatanan tertinggi, Selasa (28/11) lalu, di Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jl. Medan Merdeka Utara Jakarta.
Prestasi yang diraih ini tentu menjadi kebanggan tersendiri bagi Pemkab Sumedang. Pasalnya, raihan ini merupakan sebuah penghargaan tertinggi dalam ajang Kabupaten Sehat se-Indonesia.
"Kita bersama beberapa kabupaten/kota lain telah mendapatkan penghargaan Swastisaba Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2017. Dan ini sebagai bukti nyata Kabupaten Sumedang merupakan daerah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni," kata Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan, Rabu (29/11) sepulang menerima penghargaan tersebut.
Untuk mendapatkan penghargaan tertinggi ini, kata Eka, tentu bukan karena kebetulan, melainkan hasil perjuangan keras semua komponen, termasuk masyarakat dan Tim Kabupaten Sehat yang telah dibentuk melalui Keputusan Bupati Sumedang Nomor 440/Kep.355-Bapp/2012 tentang Pembentukan Tim Pembina dan Tim Teknis Kabupaten Sehat  Tahun 2012-2015.
Tim Pembina Kabupaten Sehat diketuai Kepala Bappppeda H. Sanusi Mawi dengan sekretariat Kasubbid Sosial dan Kasubbid Pemerintahan pada Bappppeda Sumedang, sedangkan Tim Teknis dari seluruh SKPD bersama Paguyuban Sumedang Sehat dibawah pimpinan H. Erdi Suhaya.
"Swastisaba Wistara ini merupakan penghargaan tertinggi yang kita raih di Bidang Kesehatan, setelah pada tahun-tahun sebelumnya kita hanya mampu meraih Swastisaba Padapa pada tahun 2013, dan Swastisaba Wiwerda di tahun 2015 lalu," katanya.
Dijelaskan Eka, Kabupaten/Kota Sehat ini adalah suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.
Sementara itu, Kasubid Sosial Bappppeda Sumedang, Metty Supriaty selaku Tim Pembina Kabupaten Sehat menyebutkan, keberhasilan Kabupaten Sumedang meraih penghargaan tersebut karena peran aktif seluruh komponen, baik pemerintah maupun masyarakat, yang berkomitmen dalam mewujudkan Kabupaten Sumedang Sehat.
Menurutnya, Kabupaten Sehat itu sendiri adalah suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.
Adapun Tatanan Kabupaten Sehat tersebut, kata Metty, adalah tatanan kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pertambangan sehat, kawasan hutan sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, kawasan pangan dan gizi kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dan Kehidupan sosial yang sehat.
“Dari 9 tatanan yang ada, Kabupaten Sumedang memilih 5 Tatanan Klasifikasi Swastisaba Wistara, yaitu tatanan kawasan permukiman sarana dan prasarana umum, tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, tatanan kawasan hutan sehat, tatanan kawasan pangan dan gizi, serta tatanan kehidupan sosial yang sehat,” jelasnya, Kamis (30/11).

Sebelumnya, imbuh Metty, pada tahun 2013 Kabupaten Sumedang berhasil meraih penghargaan Swastisaba Padapa untuk 2 tatanan dan tahun 2015 meraih penghargaan Swastisaba Wiwerda untuk 4 tatanan.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar