Tingkatkan Inisiasi ARV 10 Puskesmas Layani LKB Bagi ODHA

 Kota ,Korsum
Sedikitnya, sepuluh Puskesmas di Kabupaten Sumedang membuka layanan Lemba Komprehensif Berkesinambungan (LKB) untuk meningkatkan inisiasi ARV. Kesepuluh puskesmas tersebut tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Sumedang seperti di puskesmas Jatinangor, Tanjungsari, Darmaraja, Paseh, Situ, Tomo, Sumedang Selatan, Sukamantri, Jatigede, dan Puskesmas Cisitu.
Sebagaimana diketahui, salahsatu program dalam menangani dan mengantisipasi penularan HIV/AIDS di kabupaten Sumedang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang terapkan program Anti Retro Viral (ARV) disejumlah Puskesmas, hal itu diungkapkan Kadinkes melalui Kabid Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang, dr. Reny K Anton kepada sejumlah wartawan, Kamis, (30/11]
"Kegiatan tersebut, merupakan salahsatu program dari kementrian kesehatan dalam memperingati hari AIDS sedunia yang jatuh pada hari ini," ujarnya.
Selain itu, lanjut Reny, dalam memperingati hari Aids kali ini mengusung tema ‘Saya berani Saya sehat, dengan sub tema, lindungi yang tersayang dari HIV AIDS.
"Di kabupaten Sumedang, dalam rangka penanggulangan dan antisipasi AIDS, Kami telah lakukan kegiatan rutin seperti penyuluhan didalam maupun diluar puskesmas berupa, Screening kepada orang yang beresiko," ujarnya.
Reny mengatakan, target Screening adalah melakukan pencegahan penularan AIDS pada Ibu hamil yang dapat beresiko pada bayi. "Dengan Screening, diharapakan dapat memutuskan penularan HIV/AIDS dari ibu ke bayi,” tandasnya.
Tak hanya itu, terang Reny, Sejak November, pihaknya telah membuat sejumlah puskesmas untuk dijadikan satelit yakni, sebagai tempat Anti Retro Viral (ARV) atau pengobatan dan penanganan bagi penderita HIV/AIDS.
"Sebelumnya, program ARV dilaksanakan hanya di rumah sakit. sekarang masyarakat bisa mengakses ARV di beberapa Puskesmas,” ujarnya.

Ia berharap, Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) yang berada di wilayah tersebut dapat lebih mudah untuk mengakses ARV.**[F.Arif]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar