Ditargetkan Januari 2018 Selesai

Tanjungkerta, Korsum
Meskipun Desember 2017 lalu semua pembangunan insfrasuktur harus tuntas, baik Fasilitas Umum (Fasum) maupun Fasilitas Sosial (Fasos). Namun, akibat  pencairan DANA Desa  (DD) mepet waktu dan terkedala cuaca hujan waktu itu, maka ada beberapa kegiatan yang harus ditangguhkan ke tahun 2018.
Namun, kata Sekdes Gunturmekar, Wahyu, beberapa sisa kegiatan dari DD tahap 2 tahun 2017 lalu ditargetkan pada Januari 2018 semuanya tuntas sesuai rencana. Saat ini sedang proses pembangunan Fasum dan Fasos yang melibatkan masyarakat secara suka rela dalam pelaksanaan pembangunan tersebut. 
“Desa Gunturmekar  salah satu  desa yang paling akhir  pencairan Dana Desa (DD) tahap 2 yakni di pertengahan Desember 2071. Sehingga, pemerintah desa tak mau berspekulasi ambil resiko dalam menggunaan uang negara (DD), maka lebih baik ditangguhkan ke anggaran tahun 2018,” ujarnya.
Sebab, jika saat itu dipaksakan pembangun infrasuktur dengan waktu sangat mepet ke akhir tahun 2017, maka lebih aman ditangguhkan. Namun yang ditangguhkan itu bukan rencananya, tapi pelaksanaanya (HOK) karena  bahan material bangunan sudah dibelanjakan sesuai Rencana Anggaran Belanja.  
Disebutkan, kegiatan pembangunan infrasuktur yang ditangguhkan itu seperti pembangunan Posyandu di Bakanjati berukuran 4 kali 6 meter dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB) sekitar Rp 43 juta. rehab MCK Gembong RAB Rp 12 juta. Jalan Rabat Beton sepanjang 300 meter tepanya di Dusun Nagrak dengan RAB Rp 120 juta.
Disamping itu, lanjutnya, pembangunan gang pemukiman dengan anggaran Rp 21 juta. Saluran air ke Dusun Narogong sepanjang 170 meter dengan anggaran Rp 62 juta. Sehingga anggaran DD tahap 2 tahun 2017 itu di Januari 2018 terealisasi.

Dibenarkan ketua TPK Desa Gunturmekar Oman menyebutkan, DD tahap dua 2017 sebesar Rp 258 juta terserap kepada 5 titik kegiatan pembangunan. Hal tersebut kata dia, sesuai hasil  Musrembang beberapa waktu lalu yang tertuang dalam rencana pembangunan desa.**[indang]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar