Dua Kandidat Cawabup Sumedang Tidak Akan Dicoklit

 Kota, Korsum
Berdasarkan berkas data administrasi persyaratan seluruh bakal calon bupati dan wakil bupati Sumedang yang telah diserahkan kepada KPU Kabupaten Sumedang, ada dua kandidat bakal calon wakil bupati Sumedang yang tidak akan dicoklit
Ketua Divisi Program Data KPU Sumedang, Rahmat Suandapradja mengatakan, kedua kandidat tersebut yaitu Erwan Setiawan dan Mohamad Agung Anugrah. Pasalnya, kedua bakal calon wakil bupati Sumedang tersebut masih menggunakan KTP yang diterbitkan dari luar Kabupaten Sumedang.
“Ketika menyerahkan persyaratan administrasi ke KPU, Pak Erwan menggunakan KTP Bandung dan Pak Agung menggunakan KTP Jakarta. Sehingga keduanya tidak akan dicoklit,” katanya, Sabtu (20/1) melalui sambungan ponselnya.
Rahmat menyebutkan, mulai tanggal 20 Januari sampai 18 Februari, KPU Sumedang melalui petugas pemutakhiran data penduduk (PPDP) melakukan pemutakhiran data penduduk yang telah memiliki hak pilih.
"Sebelumnya kami telah menjaring petugas untuk melakukan pemuktahiran ini melalui PPS yang jumlahnya sama dengan jumlah TPS yaitu 2026 orang," ujarnya.
Menurut Rahmat, jumlah pemilih dalam satu TPS memang tak akan sama di setiap daerah, tapi maksimalnya 800 orang per TPS.
“Untuk pilkada tahun 2018 ini tidak ada TPS khusus. Bagi warga yang berada di lingkungan rumah sakit, nanti akan disalurkan kepada TPS terdekat. Untuk teknis pelaksanaan sudah ada aturan dan ketentuannya," ungkapnya.
Lebih lanjut Rahmat mengatakan, untuk PPDP nantinya petugas ini akan dibekali data, dan data ini akan dicocokkan dengan kenyataan di lapangan terkait warga yang memiliki hak pilih. Mungkin saja data yang ada tidak sesuai, misalnya yang bersangkutan telah pindah atau meninggal dunia dan mungkin saja ada yang belum terdata.

“Bagi warga belum terdata tapi memiliki hak pilih, bisa didaftarkan dengan syarat telah terdaftar di kartu keluarga, memiliki KTP elektronik atau surat keterangan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan,” pungkas Rahmat.**[Hendra]
Share on Google Plus

About Man Koswara

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar