Pengiriman Administrasi Kependudukan Lewat Pos Terkendala Anggaran

Kota, Korsum
Sedianya, mengawali tahun 2018 ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang akan melakukan gebrakan baru dengan program penyerahan administrasi kependudukan, seperti KTP, Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran langsung dikirim langsung kepada pemohon melalui petugas Pos.
“Namun karena keterbatasan anggaran dalam APBD TA, 2018, program layanan tersebut tidak dapat dilakukan di tahun 2018 ini,” ungkap Kepala Disdukcapil, Agus Seksarsyah Rasjidi, Kamis (11/1) di kantornya.
Inovasi yang digagasnya ini, kata Agus, direncanakan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Kecuali itu juga, kata Agus, program ini untuk menghindari bolak balik ke kantor Disdukcapil.
“Masyarakat cukup hanya satu kali datang ke kantor Disdukcapil, yaitu ketika menyerahkan secara lengkap persyaratan berkas permohonan administrasi yang dibutuhkan (KTP, KK, Akte, red). Setelah mendapatkan tanda terima bukti pendaftaran (resi) dari petugas, masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor Disduk untuk mengambil KTP atau KK atau Akte, karena nanti akan dikirim langsung kepada pemohon by name bay adreese,” jelasnya.
Agus menuturkan, program tersebut beserta kebutuhan anggarannya sudah disampaikan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Namun sayangnya, APBD 2018 belum bisa mengalokasikan anggarannya.
“Anggaran yang dibutuhkan hanya sebesar Rp 350 juta untuk melakukan kerja sama dengan PT. Pos Sumedang dalam pengiriman administrasi kependudukan kepada pemohon sesuai dengan nama dan alamatnya,” tuturnya.
Agus menegaskan, kalau saja program ini gol, maka akan meringankan mayarakat sehingga tidak perlu keluar ongkos dobel, ketika daftar dan saat mengambil.
“Dampak lainnya, selain mengurai antrian yang panjang dan lama, hal ini juga bisa menyetop pungli yang terjadi dalam proses pengurusan administrasi kependudukan,” tegasnya.**[Hendra]

Share on Google Plus

About Redaksi Korsum

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Posting Komentar